Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HTC EVO 4G, Smartphone Android Pertama dengan Wimax

Kompas.com - 24/03/2010, 16:58 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Pabrikan ponsel Taiwan HTC menjadi vendor pertama yang akan merilis smartphone berbasis Android yang dilengkapi Wimax, koneksi internet kecepatan tinggi generasi keempat. Smartphone tersebut bakal diberi nama HTC EVO 4G, bukan HTC Supersonic seperti yang dirumorkan sebelumnya.

Adalah Sprint, operator seluler berbasis CDMA di AS, yang membocorkan rencana tersebut seperti dilansir Engadget. Sprint menjadi mitra eksklusif yang akan digandeng HTC untuk mengeluarkan perangkat ini ke pasaran untuk pertama kali. HTC EVO 4G rencananya dirilis pada musim panas tahun ini atau sekitar Juni-Juli 2010 mendatang.

Secara teknis, spesifikasi HTC EVO 4G termasuk paling unggul dibandingkan smartphone Android yang sudah beredar saat ini. Untuk menjalankan aplikasi bakal sangat nyaman karena sistemomputasinya didukung prosesor Snapdragon 1GHz, memori internal 1GB, dan memori RAM 512 MB. Sayang, memori eksternal bawaannya hanya 8 GB.

Layarnya TFT LCD 4,3 inci dengan resolusi 480 x 800. Kualitas grafiknya mendukung hingga video high definition 720p. HTC EVO 4G juga dilengkapi port HDMI untuk menampilkan video kualitas tinggi di layar monitor eksternal yang juga sudah mendukung. Selain itu, smartphone ini dilengkapi kamera utama 8 MP dan kamera depan 1,3 MP.

Sistem operasinya versi terbaru Android 2.1. Sementara user interface-nya menggunakna versi terbaru Sense UI buatan HTC sendiri yang khas dipakai pada jajaran smartphone-nya selama ini. Selain Wimax, koneksi internetnya juga dilengkapi pilihan WiFi 802.11b/g dan koneksi data CDMA2000 1X EVDO.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com