HTC EVO 4G, Smartphone Android Pertama dengan Wimax

Kompas.com - 24/03/2010, 16:58 WIB
Editorwah

WASHINGTON, KOMPAS.com - Pabrikan ponsel Taiwan HTC menjadi vendor pertama yang akan merilis smartphone berbasis Android yang dilengkapi Wimax, koneksi internet kecepatan tinggi generasi keempat. Smartphone tersebut bakal diberi nama HTC EVO 4G, bukan HTC Supersonic seperti yang dirumorkan sebelumnya.

Adalah Sprint, operator seluler berbasis CDMA di AS, yang membocorkan rencana tersebut seperti dilansir Engadget. Sprint menjadi mitra eksklusif yang akan digandeng HTC untuk mengeluarkan perangkat ini ke pasaran untuk pertama kali. HTC EVO 4G rencananya dirilis pada musim panas tahun ini atau sekitar Juni-Juli 2010 mendatang.

Secara teknis, spesifikasi HTC EVO 4G termasuk paling unggul dibandingkan smartphone Android yang sudah beredar saat ini. Untuk menjalankan aplikasi bakal sangat nyaman karena sistemomputasinya didukung prosesor Snapdragon 1GHz, memori internal 1GB, dan memori RAM 512 MB. Sayang, memori eksternal bawaannya hanya 8 GB.

Layarnya TFT LCD 4,3 inci dengan resolusi 480 x 800. Kualitas grafiknya mendukung hingga video high definition 720p. HTC EVO 4G juga dilengkapi port HDMI untuk menampilkan video kualitas tinggi di layar monitor eksternal yang juga sudah mendukung. Selain itu, smartphone ini dilengkapi kamera utama 8 MP dan kamera depan 1,3 MP.

Sistem operasinya versi terbaru Android 2.1. Sementara user interface-nya menggunakna versi terbaru Sense UI buatan HTC sendiri yang khas dipakai pada jajaran smartphone-nya selama ini. Selain Wimax, koneksi internetnya juga dilengkapi pilihan WiFi 802.11b/g dan koneksi data CDMA2000 1X EVDO.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.