Opera Mini Daftar ke Apple App Store

Kompas.com - 24/03/2010, 19:21 WIB
Editorwah

OSLO, KOMPAS.com - Setelah memperkenalkan prototipenya untuk pertama kalinya dalam ajang Mobile World Congress 2010 di Barcelona, Spanyol beberapa waktu lalu, Opera akhirnya mendaftarkan Opera Mini for iPhone ke Apple App Store pada Selasa (23/3/2010).

Opera Mini diklaim bisa mendongkrak kecepatan akses internet melalui iPhone. hal tersebut didukung teknologi kompresinya yang sanggup meringkas data hingga 90 persen dibandingkan browser safari bawaan iPhone. Selain kecepatn, biaya akses data juga dapat idtekan karena lebih hemat.

Sayangnya, Opera belum mendapat kepastian apakah software yang menjanjikan buat para pengguna iPhone itu diizinkan Apple. Pasalnya, Apple sejak dini sudah mewanti-wanti para pengembang iPhone bahwa aplikasi yang fungsinya sama dengan aplikasi bawaan buatannya tidak akan dibolehkan termasuk browser web.

Sejauh ini, ada beberapa pengembang yang menyediakan browser web di App Store selain Safari. Namun, browser tersebut pada dasarnya hanya seperti plug in karena tetap menggunakan mesin Safari untuk memprosesnya.

Namun, Opera optimistis cara kerja Opera Mini tidak melanggar SDK iPhone yang disyaratkan Apple. Pasalnya, Opera Mini tidak menjalankan mesin sendiri yang ditanamkan di perangkat karena semua proses dikerjakan server Opera. Hasil kompresi di server Opera itulah yang dikirim kembali ke perangkat.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X