Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maaf, Virus "Life is Beautiful" Hanya Hoax

Kompas.com - 25/03/2010, 13:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Informasi yang menyebutkan agar pengguna e-mail berhati-hati terhadap virus "Life is Beautiful" ternyata hanya perbuatan iseng. Pesan tersebut hanyalah hoax alias kabar bohong yang sengaja dibuat seseorang untuk menyebarkan pesan sampah.

Dari hasil penelusuran di internet, hoax ini rupanya sudah menyebar sejak 2002. Pesan berantai berisi hoax tersebut ditemukan dalam banyak bahasa, dari Inggris, Portugis, Spanyol, Perancis, Jerman, dan China.

"Tolong lupakan pesan apa pun terkait hoax ini dan jangan meneruskan pesan tersebut. Jika Anda melakukannya, malah akan membuatnya makin menjadi-jadi," kata George Koris dari Symantec selaku pembuat Norton dalam situs perusahaan tersebut. Peringatan tersebut ternyata sudah dikeluarkan Symantec sejak 13 Februari 2007 atau lima tahun sejak pesan hoax tersebut beredar.

Rupanya pesan berisi hoax ini saat ini mulai menyebar kembali di Indonesia. Padahal, kenyataannya tak ada ancaman semacam itu. Jadi, lupakan saja dan jika Anda mendapat pesan tersebut melalui e-mail, tidak usah digubris, apalagi diteruskan kepada orang lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com