Sulit Menggabungkan Komunitas Wikimania dan "Blogger" - Kompas.com

Sulit Menggabungkan Komunitas Wikimania dan "Blogger"

Kompas.com - 30/03/2010, 19:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sekretaris Eksekutif Wikipedia Indonesia Siska Doviana berpendapat, tidak menutup kemungkinan menambah komunitas Wikipedia melalui kerja sama dengan komunitas blogger. Namun, hal tersebut dinilai Siska sulit dilakukan.

"Saya tidak menutup kemungkinan, tapi kendalanya itu SDM (sumber daya manusia)-nya. Kumpul-kumpul sesama kita saja susah sekali," katanya di Jakarta, Selasa (30/3/2010). Para penulis Wikipedia biasanya sering disebut Wikimania.

Penulis di Wikipedia juga sulit dikenali karena menurut Siska, Wikipedia tidak memperkenankan penulisnya terkenal seperti halnya di blog. "Jadi memang beda ide dan gaya penulisannya, kalau blog, gaya sendiri. Kalau Wikipedia banyak pakemnya," ujarnya.

Meski begitu, Siska berharap ke depannya potensi untuk memperluas komunitas Wikipedia dapat terus dikembangkan. "Salah satunya dengan menggelar kompetisi lomba tulis Wikipedia untuk mahasiswa ini. Saya harap mahasiswa yang dilatih punya ide brilian," ujarnya.

Seperti yang diberitakan, Wikipedia Indonesia menggelar lomba menulis di Wikipedia Bahasa Indonesia untuk mahasiswa dari 10 perguruan tinggi di Jakarta, Bogor, dan Tangerang yang dipilih panitia secara acak.


Editorwah

Close Ads X