iPad Bakal Merevolusi Pasar Komputer Tablet - Kompas.com

iPad Bakal Merevolusi Pasar Komputer Tablet

Kompas.com - 05/04/2010, 11:04 WIB

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Kehadiran iPad dengan segala kelebihan dan sejumlah kekurangannya diyakini akan merevolusi pasar komputer tablet, kategori komputer jinjing yang menggunakan layar sentuh. Demikian kata Leslie Fiering, seorang analis Gartner, firma riset bisnis terkemuka menyambut dirilisnya iPad ke konsumen mulai 3 April 2010 lalu.

Gartner memperkirakan pasar komputer tablet dunia tahun ini mencapai 10,5 juta unit dengan nilai penjualan sekitar 1,3 miliar dollar AS. Jumlah tersebut meningkat drastis dari pasar komputer tablet tahun 2009 lalu yang hanya 1,06 juta unit.

iPad sendiri berdasarkan riset lainnya iSuppli diperkirakan akan terjual sekitar 7,1 juta unit sepanajang tahun 2010 ini, 14,4 juta unit pada 2011, dan 20,1 juta unit pada 2012.

"Ini akan menjadi pendorong besar di pasar," kata Fiering dilansir USA Today. "Kekuatan 'mistis' Apple telah merevolusi pasar MP3 dan smartphone. Hal yang sama akan terjadi pada tablet," tandasnya.

Selain itu, iPad pun akan mendorong definisi ulang perangkat tablet. Jika sebelumnya terbatas pada perangkat semacam notebook yang bisa dilipat dan menggunakan layar sentuh, kini tablet bisa diintrepretasikan banyak hal dari sejenis ponsel, e-reader, hingga buku elektronik. Produk yang masuk kategori tablet pun semakain lebar mulai harga 300 dollar AS hingga 4500 dollar AS.

Jika iPad lebih ditujukan kepada pasar konsumer, kelak tablet lainnya bisa saja dibuat khusus untuk segmen pasar tertentu. Misalnya, tablet untuk paramedis atau tablet untuk pekerja sipil. Diakui atau tidak, Apple telah membantu industri komputer untuk menghasilkan produk baru dengan bentuk dan harga yang sebelumnya tidak dibayangkan konsumen.


Editorwah

Close Ads X