Penghasilan Bos Oracle Larry Ellison Terbesar di Amerika

Kompas.com - 06/04/2010, 10:27 WIB
Editorwah

NEW YORK, KOMPAS.com - Resesi ekonomi berimbas langsung pada penghasilan bos-bos perusahaan di Amerika Serikat (AS). Penghasilan mereka selama tahun lalu turun akibat penurunan harga saham dan bonus opsi.

Menurut laporan New York Times, penghasilan para pimpinan perusahaan terbuka terbesar di AS tahun 2009 turun rata-rata 15 persen menjadi 9,53 juta dollar AS. Adapun nilai tengah penghasilan mereka turun 13 persen menjadi 7,72 juta dollar AS. Jadi, telah dua tahun berturut-turut penghasilan mereka turun. Penghasilan ini juga yang terendah sejak 2004.

Laporan tersebut merujuk hasil penelitian Equilar, yang didasarkari pada data penghasilan 200 pimpinan perusahaan di 199 perusahaan yang memiliki pendapatan setidaknya 5,78 miliar dollar AS. Motorola Inc., salah satu perusahaan yang didata, mempunyai dua chief executive officer (CEO).

Menurut data tersebut, bos Oracle Corp. Lawrence Ellison atau sering dipanggil Larry Ellison merupakan CEO dengan penghasilan tertinggi, yakni 84,5 juta dollar AS. Angka ini lebih besar dari gabungan penghasilan dua CEO berpenghasilan tertinggi berikutnya. Ellison saat ini juga tercatat sebagai orang terkaya keenam dunia versi Forbes dengan nilai kekayaan 28 miliar dollar AS.

Lima besar berikutnya adalah CEO Boston Scientific Corp. dengan penghasilan 33,37 juta dollar AS, CEO Occidental Petroleum Corp. Ray Irani 31,4 juta dollar AS, bos Hewlett Packard Co. Mark Hurd 24,2 juta dollar AS, bos Anadarko Petroleum Corp. James Hackett 23,51 juta dollar AS, dan bos Procter & Gamble Co. AG Lafley 23,47 juta dollar AS.

Adapun Steven Paul "Steve" Jobs, pemilik Apple Inc., berpenghasilan terkecil, yakni
hanya 1 dollar AS. Pun begitu, Steve Jobs menguasai saham Apple senilai 1,03 miliar dollar AS. Di sektor keuangan, John Stumpf dari Wells Fargo & Co. meraih penghasilan terbaik, yakni 18,76 juta dollar AS. Bos Citigroup Inc.

Vikram Pandit meraih penghasilan 128.571 dollar AS. Alhasil, dia menjadi CEO berpenghasilan terendah ketiga dalam studi ini. Mantan CEO Bank of America Corp. Kenneth Lewis berada di urutan kedua terendah setelah Steve Jobs dengan penghasilan 32.171 dollar AS. Sementara, bos Goldman Sachs Group Inc. Lloyd Blankfein berada di urutan ketujuh dari bawah dengan total kompensasi 862.657 dollar AS.

Hasil studi itu menyebutkan, nilai tengah bonus saham dan opsi para CEO itu turun masing-masing 19 persen dan 28 persen.(KONTAN/Asih Kirana)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.