Iga Sapi Penyet Leko Rasanya Mantap dan Gurih

Kompas.com - 07/04/2010, 08:23 WIB
Editorhertanto

JAKARTA, KOMPAS.com — Menyantap seporsi menu iga sapi penyet di tempat ini tidak akan rugi. Daging iganya cukup tebal, empuk, gurih, dengan bumbu yang diracik berbeda dari biasanya.

Ingin iga penyet biasa atau iga hotplate? Silakan pilih saja, rasanya tak kalah dengan sajian resto kelas hotel berbintang. Muannntap... tenaannn!

Daging satu potong iga sapi masih menyatu dengan tulangnya. Saat digigit pun terasa empuk karena sudah direbus terlebih dahulu selama tiga jam.

Menu itulah yang ditawarkan Rumah Makan Leko di Citywalk, spesialis iga penyet. Resto ini lumayan populer karena merupakan franchise resto yang berada di Pantai Indah Kapuk. Sebelumnya restoran ini juga sudah cukup terkenal di Surabaya.

Anda pasti tidak asing dengan makanan tempe penyet, ayam penyet, atau lele penyet. Namun, kalau iga penyet, pasti belum banyak orang tahu. Sepertinya iga penyet menjadi makanan yang sedang "naik daun" saat ini. Di mana-mana akan mudah ditemui rumah makan menawarkan menu iga penyet.

Iga adalah bagian daging sapi yang berasal dari daging di sekitar tulang iga. Bagian ini termasuk dari delapan bagian utama daging sapi yang biasa dikonsumsi. Seluruh bagian daging iga ini bisa terdiri atas beberapa iga yang berjumlah sekitar 6 sampai dengan 12. Potongan daging iga yang akan dikonsumsi bisa terdiri atas dua sampai tujuh tulang iga.

Pengolahan menu iga sapi penyet, setelah empuk, iga lalu direndam dengan bumbu dan digoreng. Nah, yang membuat istimewa lagi adalah pada sambal uleknya yang begitu mantap. Kekhasannya terletak pada terasi udang.

"Memang, kebanyakan para tamu di sini sangat menyukai iga sapi penyet karena sambalnya. Menu ini mirip dengan makanan rumahan. Jadi, tidak heran orang jadi suka," ujar Irene Lie (31), pemilik Leko di Citywalk ini.

Jika Anda tidak suka terlalu pedas, untuk sambalnya bisa memesan sesuai dengan yang diinginkan. Namun, menurut saya, meskipun sudah pesan yang pedas, rasa cabainya tidak terlalu pedas. Masih bisa kompromi dengan lidah pengunjung.

Bagi Anda yang tidak suka sambal terasi, bisa memilih menu iga lain, seperti iga hotplate. Iga ini dibumbui kecap dan dibakar di atas piring hotplate. Rasanya manis gurih. Sangat cocok buat anak-anak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.