Dengan "Wi-fi" Saja Luar Biasa, apalagi "Wimax"...

Kompas.com - 10/04/2010, 13:46 WIB
Editorhertanto

SURABAYA, KOMPAS.com — Dana pembangunan kantor Dewan Perwakilan Daerah atau DPD Rp 30 miliar di setiap provinsi cukup untuk membangun infrastruktur wimax di lima kabupaten di Jawa Timur. Manfaatnya akan lebih terasa pada masyarakat.

Profesional teknologi informatika, Deasy Prasetyo, mengatakan, Surabaya dan empat kabupaten di sekelilingnya bisa punya infrastruktur wimax berkualitas terbaik dengan dana sebesar itu. Perkembangan ekonomi akibat dampak berantai pembangunan itu akan luar biasa.

"Dengan wi-fi saja, perkembangan industri teknologi informatika sudah luar biasa. Apalagi, kalau wimax dibangun," ujarnya di Surabaya, Sabtu (10/4/2010).

Wimax memungkinkan pengantaran data lebih cepat dan stabil serta jangkauan lebih luas. Wi-fi hanya bisa stabil hingga beberapa puluh meter. Sementara wimax bisa menjangkau hingga 30 kilometer.

Penggunaan wimax memungkinkan voice over internet protocol (VoIP) dan internet protocol television (IPTV) digunakan secara massal karena mudah dan murah. Pemassalan itu akan mendorong industri konten atau bahkan industri manufaktur perangkat keras teknologi informasi di dalam negeri.

Wimax juga dapat digunakan sebagai jaringan cadangan untuk GSM pada telepon seluler. Wimax diyakini akan menekan biaya pengiriman data karena kapasitas lebih besar dan jangkauan lebih luas. Namun, investasi awal pembangunan wimax untuk saat ini masih cukup mahal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.