Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple: Kami Cuma Dukung Standar Terbuka

Kompas.com - 23/04/2010, 13:15 WIB

SAN DIEGO, KOMPAS.com - Apple ternyata tak terkejut menanggapi keputusan Adobe untuk mengehentikan upaya pengembangan Flash untuk iPhone. Bahkan, Apple menegaskan sikapnya untuk tidak mendukung kehadiran Flash di platform buatannya.

"Beberapa orang sudah memakai alternatifnya, antara lain HTML5, CSS, JavaScript, dan H.264 (semuanya didukung iPhone dan iPad) yang termasuk standar terbuka, sedangkan Flash buatan Adobe tertututp dan propietary," ujar juru bicara Apple Trudy Muller, seperti dilansir CNET, Rabu (21/4/2010).

HTML5 merupakan versi revisi Hypertext Markup Language yang merupakan dasar pembuatan web. CSS (Cascading Style Sheets) digunakan untuk membuat format website. H.264 merupakan standar teknologi kompresi video yang digunakan untuk layanan video streaming.

Sejak pertama kali iPhone diluncurkan, Apple memang setengah hati untuk mendukung Flash. Berkali-kali CEO Apple Steve Jobs beralasan pihaknya lebih suka platform terbuka dan menyalahkan kinerja Flash di platformnya.

Di lain pihak pengguna maupun pengembang mendesak Apple untuk tidak menutup peluang masuknay teknologi propietary seperti Flash. Adanya batasan pun bukna halangan bagi Adobe maupun para pengembang agar Flash bisa bekerja di iPhone dengan menghadirkan teknologi antara, namun terus dihalangi Apple. Terakhir, Apple membuat aturan baru yang hanya membolehkan aplikasi dengan bahasa pemrograman yang diizinkan oleh Apple, antara lain C++ atau Objective C.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com