Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rakyat Antikorupsi

Malam Seribu Lilin untuk Jenderal Susno

Kompas.com - 13/05/2010, 23:07 WIB

PAGARALAM, KOMPAS.com - Ribuan warga Kota Pagaralam, Sumatera Selatan menggelar malam seribu lilin dipusatkan di Alun-alun kota, Kamis (13/5/201) petang tadi sebagai bentuk dukungan kepada mantan Kabareskrim Mabes Polri, Komjen Pol Susno Duadji.

Susno adalah putra daerah Pagaralam yang dipandang memberi pride, kebanggaan, bagi orang daerah itu karena kiprahnya di Jakarta yang mengaduk-aduk rahasia di tubuh Mabes Polri ketika menangani perkara-perkara besar.

Kegiatan warga menyalakan ribuan lilin itu dimulai pukul 19.00 WIB, dengan melibatkan ratusan mahasiswa, pelajar dan warga Kota Pagaralam. Aparat dari Polres Pagaralam pun menjaga ketat.

Warga tampak antusias dengan berdatangan sambil membawa lilin dan dilanjutkan dengan penandatanganan di atas kain putih ratusan meter yang disediakan panitia tepat di sekitar lilin terpasang.

Setelah lilin semua menyala, dilanjutkan dengan kegiatan dzikir dan doa bersama melibatkan puluhan ribu warga dari berbagai pelosok Pagaralam, termasuk dari Jarai, Pajar Bulan, Kabupaten Lahat.

Handoko, pemimpin kegiatan itu, mengatakan, warga Pagaralam tentu prihatin tehadap institusi kepolisian yang justru menahan Susno Duadji, sebelum tuntas menelusuri "nyanyiannya".

"Ini dukungan moral untuk Susno Duadji dalam upaya mengungkap berbagai kasus korupsi, agar aparat penegak hukum tidak melakukan tindakan hanya dengan menggunakan kekuasaan," ujar dia.

Ia mengatakan, seharusnya Susno diberikan perlindungan dan mendapat penghargaan atas jasanya dalam mengungkap berbagai pelanggaran hukum yang merugikan keuangan negara.

Namun, lanjutnya, Susno justru dijadikan sebagai musuh polisi dan dikurung. "Siapapun yang berani menegakkan kebenaran dan memberantas korupsi harus didukung, bukan hanya Susno Duadji saja. Korupsi harus dibasmi dari muka bumi Indonesia karena sudah mengakibatkan rakyat menjadi miskin dan menderita," kata dia lagi.

Kapolres Kota Pagaralam, AKBP Abdul Soleh, mengatakan, untuk pengamanan kegiatan itu, anak buahnya yang dikerahkan sekitar 150 orang. "Kami jamin kegiatan ini berjalan dengan tertib, aman dan lancar, karena warga yang datang hanya untuk menyalakan lilin dan dzikir bersama," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com