Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT TAM Serahkan Mobil Pintar Keliling

Kompas.com - 18/05/2010, 17:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) boleh juga dalam menunjukkan komitmennya bagi kemajuan dunia pendidikan nasional Indonesia. Perusahaan pemegang merek otomotif Toyota ini menyerahkan satu unit Toyota Dyna untuk dimanfaatkan sebagai sebuah mobil pintar keliling bagi program Indonesia Pintar yang dijalankan Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB). Selain itu melalui Yayasan Toyota Astra (YTA), TAM juga memberikan beasiswa bagi 1.320 siswa SD, SLTP dan SLTA/sederajat di Kepulauan Seribu, Jakarta Utara.

"Keberadaan Mobil Pintar Keliling ini kami harapkan akan mendukung program pemerataan kesempatan mengenyam pendidikan di Indonesia. Kami terdorong untuk ikut serta mendukung program mobil pintar ini mengingat masih banyak anak bangsa yang belum beruntung bisa mendapatkan kesempatan mengenyam pendidikan karena tidak adanya dukungan finansial," kata Direktur Utama TAM Johnny Darmawan, seusai menyerahkan bantuan mobil pintar keliling itu kepada Koordinator Indonesia Pintar SIKIB, Laily M. Nuh pada acara peluncuran Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim, di Jakarta, Selasa (18/5/2010).

Toyota Dyna bantuan TAM dikonversi menjadi mobil pintar yang nantinya akan digunakan oleh SIKIB sebagai sarana untuk pembelajaran. Adapun di dalam mobil pintar telah dilengkapi berbagai macam buku bacaan pelajaran, CD interaktif, perangkat komputer bahkan permainan yang edukatif yang diharapkan dapat menjadi sarana pembelajaran.

Untuk pemberian beasiswa sendiri, YTA yang hadir sejak 1974 lau hingga saat ini telah menyalurkan beasiswa kepada lebih dari 64.000 siswa. Bahkan, YTA juga memberikan bantuan dana untuk mendukung penelitian mahasiswa tingkat doktoral dari berbagai perguruana tinggi.

"Bantuan Mobil Pintar dan beasiswa ini kami harapkan dapat meningkatkan pemberdayaan pendidikan menjadi lebih baik. Selain itu, kesempatan menikmati bangku pendidikan diharapkan juga semakin merata, tidak hanya untuk kalangan yang mampu, tetapi untuk semua kalangan yang akan menjadi calon penerus generasi bangsa di masa depan," ujar Johnny Darmawan yang juga menjabat sebagai ketua pembina YTA.

Bantuan mobil untuk mendukung proses pembelajaran siswa sebelumnya juga telah dilakukan TAM pada 2009 dengan menyumbangkan dua unit Toyota Dyna untuk mobil pembelajaran kepada Direktorat Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) Kementerian Pendidikan Nasional di sela-sela peresmian pabrik Toyota Dyna oleh Wakil Presiden Boediono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com