Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Uang Elektronik

BCA Kuasai Pangsa E-Money

Kompas.com - 09/06/2010, 10:09 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com -. Bank Central Asia Tbk (BCA) masih menguasai industri e-money atau uang elektronik. Berdasarkan data terbaru Bank Indonesia (BI) per April 2010, BCA menggenggam pangsa pasar 46 persen, unggul jauh atas PT Telkomsel, Bank Mandiri, Bank Mega, dan BPD DKI yang berada jauh dibawahnya.

Telkomsel diposisi kedua memegang pangsa pasar 26 persen, adapun Bank Mandiri dan Bank Mega menyusul dibawahnya, sama-sama memegang pangsa pasar 11 persen, baru kemudian BPD DKI dengan pangsa pasar 4 persen.

Saat ini ada 9 penerbit yang mencicipi rezeki di bisnis e-money ini, yaitu lima bank dan empat lembaga non bank. Lima bank tersebut adalah BCA, Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Mega, dan Bank Pembangunan Daerah (BPD) DKI Jakarta. Adapun untuk lembaga non keuangan terdiri dari PT Telkomsel, PT Telkom, PT Indosat, dan PT Skye Sab.

Saat ini, dengan pangsa pasar 46 persen, BCA tercatat menerbitkan sekitar 1,7 juta e-money, dengan dukungan 2.396 merchant dan 15.379 terminal. Adapun, nilai transaksi BCA per April tercatat sebesar Rp 27,7 miliar. Angka ini tertinggi dibandingkan penerbit lainnya.

Chief Manager Marketing Unit Bisnis Kartu Kredit BCA Mira Wibowo mengatakan, kunci sukses penguasaan pangsa pasar selama ini karena BCA selalu fokus pada nasabah.

"Kami berusaha untuk selalu mengutamakan layanan penuh kepada nasabah," imbuhnya, Selasa (8/6/2010). (Andri Indradie/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com