Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Demam Piala Dunia

Opera: Trafik Internet Mobile Naik Hingga 500 Persen

Kompas.com - 11/06/2010, 14:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang kompetisi Piala Dunia 2010 yang akan dimulai Jumat (11/6/2010) ini membuat banyak orang berbondong-bondong mencari informasi segala hal mengenai sepakbola. Demam sepakbola pun terasa sampai pengguna ponsel dengan kenaikan trafik internet melalui perangkat begitu fantastis.

Opera Software bahkan mencatat, dalam beberapa bulan terakhir, trafik ke sejumlah situs sepakbola favorit mengalami kenaikan hingga lima kali lipat menjelang Piala Dunia 2010 berlangsung. Dari statistik yang dihasilkan dari server kompresi Opera Mini, beberapa situs web tumbuh lebih dari 500 persen di beberapa bulan menuju kejuaraan Piala Dunia FIFA ini.

Pertumbuhan pengguna unik mulai bulan Januari hingga Mei 2010 secara global yang dicatat Opera antara lain sports.opera.com sebesar 203 persen, goal.com 551 persen, Livescore.com 43 persen, dan espn.go.com 82 persen.

Meski menurut data survei Nielsen pengakses informasi Piala Dunia sebagian besar masih dari media televisi, akses melalui internet dan ponsel mengalami pertumbuhan signifikan. Dengan cakupan layanan internet melalui ponsel yang merata di berbagai operator seluler di Indonesia, browser mobile di ponsel memang menjadi alternatif sumber informasi. Apalagi bisa diakses dari mana saja.

Opera Mini bisa menjadi alternatif tool untuk mengintip artikel atau hasil skor secara langsung di situs olahraga favorit misalnya mini site Piala Dunia di rubrik Kompas Bola. Kenapa demikian, karena Opera Mini memberikan akses seutuhnya, cepat, dan terjangkau dengan kompresi hingga 90 persen sehingga irit biaya untuk mengunduh halaman-halaman web. Dengan Opera Mini browsing jadi lebih cepat dan irit.

Saat ini Opera Mini telah digunakan sekitar 58 juta pengguna di seluruh dunia. Software ini tersedia secara gratis untuk berbagai platform ponsel melalui http://m.opera.com di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com