Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Pelopori Micro SIM Card

Kompas.com - 15/06/2010, 08:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak seperti ponsel dan perangkat akses internet yang beredar saat ini, iPad 3G menggunakan micro SIM card (kartu perdana mini). Ukurannya lebih kecil daripada kartu seuler yang digunakan sekarang. Di AS baru AT&T sebagai mitra Apple yang sudah memelopori penggunaan kartu semacam ini.

Meski iPad dan iPhone 4 belum masuk secara resmi ke Indonesia, penyediaan micro SIM card ini sudah dimulai. PT XL Axiata (XL) memelopori penggunaannya dengan meluncurkan micro SIM card untuk layanan akses internet broadband-nya.

"XL harus mengantisipasi dan menyesuaikan diri dengan perkembangan yang terjadi agar dapat selalu menghadirkan layanan prima kepada pelanggan. Salah satunya adalah dengan meluncurkan Kartu Perdana Mini XL Paca Bayar untuk digunakan di berbagai perangkat telekomunikasi yang membutuhkan micro SIM card," kata Head of Marketing Mobile Data Services XL, Budi Harjono dalam siaran persnya, Senin (14/6/2010).

Budi menambahkan, untuk tahap pertama, XL menyediakan 5000 Kartu Perdana Mini Layanan Internet Broadband. Pelanggan bisa mendapatkan Kartu Perdana Mini ini di XL Center di Jabodetabek. Pada tahap awal, kartu ini masih terbatas untuk layanan XL Pasca Bayar yang dibundling dengan paket layanan internet Rp 150.000/30 hari/ FUP1GB. Kartu Perdana Mini ini tidak dapat digunakan untuk melakukan atau menerima panggilan maupun SMS.

Untuk paket internet Rp 150.000/30 hari/ FUP1GB, kecepatan akses bisa mencapai 256 Kbps. Jika telah mencapai kuota 1GB maka kecepatan akan diturunkan menjadi 64 Kbps. Kecepatan akses dan kuota akan kembali lagi ke awal setelah 30 hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com