Nintendo 3DS, Tiga Dimensi di Genggaman

Kompas.com - 16/06/2010, 17:53 WIB
EditorTri Wahono

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Ajang E3, pameran game tahunan terbesar di AS yang mulai digelar hari ini, menjadi momentum bagi perusahaan-perusahaan game untuk meluncurkan produk terbarunya. Nintendo kali ini secara resmi memperkenalkan Nintendo 3DS, varian video game player genggamnya yang sudah dilengkapi tampilan tiga dimensi.

Bukan sekadar tampilan tiga dimensi yang diunggulkan Nintendo 3DS. Pasalnya, tidak seperti layar tiga dimensi umumnya, layar Nintendo 3DS bisa menampilkan video tiga dimensi yang bisa dinikmati langsung dengan mata telanjang. Penggunanya tak perlu menggunakan kacamata khusus.

"3DS diharapkan terjual sebanyak mungkin dalam waktu singkat setelah diluncurkan dan ia akan menjadi mainan yang unik," ujar Satoru Iwata, Presiden Nintendo, saat memamerkannya di Los Angeles, AS, Selasa (15/6/2010) waktu setempat.

Sejumlah produsen game disebut-sebut sudah mendukung teknologi tiga dimensi Nintendo dan akan membuat game tiga dimensi. Namun, baru game "Kid Icarus: Uprising" yang secara resmi siap dimainkan di Nintendo 3DS saat ini.

Nintendo 3DS juga menjadi perangkat genggam pertama yang bisa menjalankan video playback 3D. Sejumlah studio film telah mengeluarkan versinya untuk dimainkan di 3DS, antara lain, film How to Train Your Dragon dari Dreamworks dan Tangled dari Disney.

Tidak hanya itu, Nintendo 3DS dilengkapi kamera ganda di bagian belakangnya yang bisa merekam foto dalam format tiga dimensi. Nah, lengkap sudah kan pengalaman tiga dimensi di satu perangkat tersebut. Enak dibawa ke mana-mana lagi, digenggam atau disimpan di saku.

Secara fisik, tampilannya sama saja dengan Nintendo 3DS dengan layar utama widescreen 3,5 inci. Layar kedua yang lebih kecil merupakan layar sentuh untuk navigasi berikut tombol-tombol standar untuk bermain game dan untuk mengatur mode 3D atau tidak. Soal harga dan ketersediaan, tunggu saja update berikutnya dari Nintendo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.