Bakrie Connectivity Resmi Masuki Bisnis Broadband

Kompas.com - 24/06/2010, 08:59 WIB
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Sukses memulai bisnisnya di layanan FWA (fixed wireless access) atau telepon tetap nirkabel, PT Bakrie Telecom kini membidik lebih serius layanan BWA (broadband wireless access) atau akses data kecepatan tinggi. Bakrie pun membentuk anak usaha baru untuk itu dengan nama PT Bakrie Connectivity (BCONNECT) yang resmi beroperasi mulai Rabu (23/6/2010).

"Kehadiran Bakrie Connectivity akan menjawab sekaligus memenuhi keinginan para pengguna internet broadband di Indonesia. Hal ini disebabkan karena potensi internet broadband sangat luar biasa di Indonesia," papar Anindya N. Bakrie selaku Direktur Utama PT Bakrie Telecom Tbk dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Sebagai dasar, Anindya merujuk pada Data ITU (International Telecommunication Union) yang menunjukkan bahwa tahun 2009 ada 30 juta pengguna internet di Indonesia atau baru mencapai12,5 persen penetrasinya.

Sementara data sebuah lembaga konsultan dan riset bisnis internasional menyatakan akan ada 234 juta pelanggan selular di Indonesia atau 90 persen dari populasi penduduk di tahun 2014. Dari jumlah tersebut 20 persen diproyeksikan akan menjadi pelanggan 3G. Sedangkan kontribusi pendapatan mobile data akan tumbuh 40 persen .

Demikian pula pertumbuhan distibusi komputer yang tumbuh antara 25 persen hingga 30 persen setiap tahunnya. Data IDC memperlihatkan di tahun 2009 distibusi komputer ada 2,5 juta dan diperkirakan naik menjadi 3,5 juta di tahun 2010. Pertumbuhan distribusi komputer tersebut turut mendukung perkembangan penggunaan internet di Indonesia.

Untuk menggarap layanan broadband nirkabel ini, Bakrie Connectivity akan tetap memanfaatkan jaringan CDMA dengan teknologi EVDO (evaluation data only). Bakrie menyatakan nilai investasi yang disiapkan di bisnis barunya ini sebesar 100 juta dollar AS sampai akhir tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.