Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakrie Connectivity Resmi Masuki Bisnis Broadband

Kompas.com - 24/06/2010, 08:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sukses memulai bisnisnya di layanan FWA (fixed wireless access) atau telepon tetap nirkabel, PT Bakrie Telecom kini membidik lebih serius layanan BWA (broadband wireless access) atau akses data kecepatan tinggi. Bakrie pun membentuk anak usaha baru untuk itu dengan nama PT Bakrie Connectivity (BCONNECT) yang resmi beroperasi mulai Rabu (23/6/2010).

"Kehadiran Bakrie Connectivity akan menjawab sekaligus memenuhi keinginan para pengguna internet broadband di Indonesia. Hal ini disebabkan karena potensi internet broadband sangat luar biasa di Indonesia," papar Anindya N. Bakrie selaku Direktur Utama PT Bakrie Telecom Tbk dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Sebagai dasar, Anindya merujuk pada Data ITU (International Telecommunication Union) yang menunjukkan bahwa tahun 2009 ada 30 juta pengguna internet di Indonesia atau baru mencapai12,5 persen penetrasinya.

Sementara data sebuah lembaga konsultan dan riset bisnis internasional menyatakan akan ada 234 juta pelanggan selular di Indonesia atau 90 persen dari populasi penduduk di tahun 2014. Dari jumlah tersebut 20 persen diproyeksikan akan menjadi pelanggan 3G. Sedangkan kontribusi pendapatan mobile data akan tumbuh 40 persen .

Demikian pula pertumbuhan distibusi komputer yang tumbuh antara 25 persen hingga 30 persen setiap tahunnya. Data IDC memperlihatkan di tahun 2009 distibusi komputer ada 2,5 juta dan diperkirakan naik menjadi 3,5 juta di tahun 2010. Pertumbuhan distribusi komputer tersebut turut mendukung perkembangan penggunaan internet di Indonesia.

Untuk menggarap layanan broadband nirkabel ini, Bakrie Connectivity akan tetap memanfaatkan jaringan CDMA dengan teknologi EVDO (evaluation data only). Bakrie menyatakan nilai investasi yang disiapkan di bisnis barunya ini sebesar 100 juta dollar AS sampai akhir tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com