Google: Sekarang Saat Tepat ke Indonesia

Kompas.com - 24/06/2010, 16:53 WIB
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com — Google mengaku serius menggarap pasar Indonesia karena tingkat pertumbuhan pengguna internet berkembang dengan cepat. Indonesia dinilai raksasa internet tersebut sebagai salah satu negara dengan potensi pertumbuhan ekonomi terbesar saat ini.

"Pengguna berkembang sangat, sangat cepat. Indonesia akan mengalami perkembangan yang sangat hebat," kata Emmanuel Sauquet, Direktur Pengembangan Bisnis Google Asia, Kamis (24/6/2010). "Di sini banyak sekali komunitas online yang beragam dan sangat aktif. Ini adalah tempat yang tepat bagi kami untuk datang sekarang," katanya. Menurut Sauquet, dibandingkan dengan negara-negara berkembang lainnya, Indonesia adalah negara dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara.

Google menjalin kerja sama dengan Bakrie Connectivity, sebuah perusahaan internet broadband nirkabel yang baru didirikan Bakrie Telecom Tbk berbasis CDMA EVDO. Bakrie Connectivity baru saja meluncurkan modem broadband yang menggunakan web browser Google Chrome sebagai browser standar.

Penduduk Indonesia lebih dari 230 juta orang dan penetrasi pasar internet masih rendah sehingga membuat Indonesia menarik bagi perusahaan-perusahaan internet untuk meraih potensi pasar yang masih sangat potensial. Saat ini, diperkirakan ada sekitar 40 juta pengguna internet di Indonesia.

Meski demikian, Indonesia menduduki peringkat ketiga pengguna Facebook terbesar di dunia setelah AS dan Inggris dengan lebih dari 22 juta pengguna. Sebuah studi Yahoo! di Asia Tenggara menunjukkan bahwa Indonesia mengalami pertumbuhan pasar online terbesar dan tercepat di Asia Tenggara. Ini ditandai dengan pertumbuhan 48 persen pada tahun 2010 terhadap penggunaan online dibandingkan 22 persen tahun lalu. Sebagai gambaran, Yahoo! baru saja membeli situs jejaring sosial asal Indonesia, Koprol.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.