Satu Juta Pelanggan Wimax dalam 18 Bulan

Kompas.com - 28/06/2010, 14:17 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

TANGERANG, KOMPAS.com - Kisah sukses layanan Wimax di negara lain ternyata menjadi salah satu yang mendorong optimisme PT First Media untuk menggelar layanannya di Indonesia. Tak berlebihan kalau Presiden Direktur PT First Media Hengkie Liwanto pengin meraih meniru keberhasilan tersebut melalui layanan baru Sitra Wimax.

"Kalau di Amerika ada Clear Wire yang sukses menyediakan satu juta pelanggan dalam 18 bulan, kami tentu saja berusaha ingin seperti itu bahkan lebih sukses dari itu," kata Hengkie saat soft launching Sitra Wimax dilakukan di Hotel Imperial Aryaduta, Karawaci, Tangerang, Senin (28/6/2010).

Namun, ia mengakui kondisi pasar Indonesia berbeda dengan AS sehingga secara rasional target jumlah pelanggan yang bakal dicapai tak akan sebanyak itu. Meski demikian, teknologi Wimax lebih fleksibel menjangkau potensi pelanggan jauh lebih besar daripada layanan internet kabel karena proses ekspansi lebih mudah. "Sampai akhir tahun targetnya bisa 100.000 pelanggan," kata Kumaran Singaram, CEO Sitra Wimax.

Ia mengatakan dalam waktu 18 pihaknya optimistis jumlah pelanggan Sitra Wimax bisa menyamai pelanggan internet kabel Fastnet dan selanjutnya bisa tumbuh lebih cepat. Sitra Wimax akan membangun 1200 menara pemancar (BTS) untuk mencakup semua wilayah Jabotabek dalam empat tahun.

Untuk membangun layanan ini dana yang dibutuhkan mencapai 100 juta dollar AS. Layanan ini juga akan tersedia di Banten, Aceh, dan Sumatera bagian utara sesuai lisensi layanan yang diperoleh dari Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi selaku regulatornya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.