Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modal iPhone 4 Cuma 187,51 Dollar AS

Kompas.com - 29/06/2010, 22:54 WIB

SEATTLE, KOMPAS.com - Meski punya banyak kelebihan dibandingkan pendahulunya, modal iPhone 4 ternyata tak beda jauh. Haraga bahan bakunya diperkirakan hanya selisih tak lebih dari 20 dollar dengan iPhone 3GS.

Firma analis iSuppli memprediksi modal dasar smartphone terbaru buatan Apple itu sekitar 187,51 dollar AS. Bandingkan dengan modal iPhone 3GS yang sebelumnya diperkirakan juga oleh iSuppli sebesar 170,80 dollar AS. Perkiraan harga tersebut hanya didasarkan penggunaan hardware saja, belum termasuk nilai software, biaya pembuatan, dan pemasaran.

Bagian paling mahal dari iPhone 4, menurut iSuppli adalah layar LCD resolusi tingginya. iSuppli memperkirakan harga LCD tersebut sekitar 28,5 dollar AS. Memori flash yang digunakan diperkirakan berharga 27 dollar AS. Sementara prosesornya yang diperkirakan dibuat Samsung dihargai 10,75 dollar AS. Teknologi layar sentuhnya menghabiskan 10 dollar AS sendiri.

iPhone 4 sendiri di AS dijual seharga 199 dollar AS dan 299 dollar AS untuk model 16 Gb dan 32 GB, Namun, harga tersebut merupakan harga subsidi dan termasuk kontrak langganan selama dua tahun di jaringan AT&T. Di Jepang, iPhone 4 dijual sekitar Rp 5 jutaan. Perangkat ini juga sudah dijual secara resmi di Perancis, Inggris, dan Jerman sejak Rabu (24/6/2010).

Dengan tambahan modal yang tidak terlalu besar, Apple bisa terus mempertahankan margin keuntungannya dengan menjual iPhone 4 dengan harga yang tidak berbeda dengan pendahulunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com