Situs Sex.com Kembali Dijajakan

Kompas.com - 02/07/2010, 21:03 WIB
EditorTri Wahono

WASHINGTON, KOMPAS.com — Alamat domain internet yang diyakini bakal terjual dengan nilai sangat tinggi, "sex.com", kembali dijajakan. Kali ini bukan dengan cara lelang langsung seperti sempat direncanakan Maret lalu, tapi penawaran berlangsung secara online yang dilakukan oleh Sedo, perusahaan online Jerman yang berpengalaman melelang alamat-alamat internet.

"Sungguh sesuatu yang sangat jarang alamat internet sekaliber ini dijual," demikian pernyataan Sedo, Kamis (1/7/2010). Menurut Sedo, pemilik alamat sex.com punya peluang sangat besar untuk mendapat keuntungan besar jika membuka layanannya dengan alamat tersebut. Sedo sudah pengalaman menjual sejumlah alamat besar seperti vodka.com yang terjual 3,5 juta dollar AS, kredit.de sebesar 1.3 juta dollar AS, dan poker.org sebesar 1,1 juta dollar AS.

Sedo menawarkan sex.com atas permintaan Escom, perusahaan yang menguasai alamat domain sex.com saat ini setelah salah satu kreditornya mengajukan perlindungan kepailitan. Dana hasil penjualan akan dipakai untuk membayar utang kepada sejumlah kreditornya.

Escom LLC membeli domain sex.com dengan nilai rahasia. Angkanya diperkirakan antara 12 juta dollar AS dan 14 juta dollar AS pada tahun 2006 dari Gary Kremen, pemilik pertama yang mendaftarkan nama tersebut sejak tahun 1994. Dana untuk membeli domain diperoleh dari pinjaman yang diberikan DOM Partner LLC dan para kreditor tersebut.

Sudah setahun Escom gagal menyelesaikan pinjaman tersebut sesuai batas waktunya sehingga DOM Partner mengajukan sita aset. DOM Partner kemudian berencana melelang sex.com dengan harga pembukaan 1 juta dollar AS melalui Maltz & Co Inc di New York, Maret 2010. Namun, lelang ini gagal karena tiga kreditor Escom lainnya mengajukan petisi bangkrut untuk menghalangi niat tersebut karena menilai aset tersebut terlalu tinggi nilainya untuk dijual begitu saja.

Baca tentang


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X