Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Berdalih Masalah pada Software Bukan Antena

Kompas.com - 05/07/2010, 16:07 WIB

CUPERTINO, KOMPAS.com - Apple Inc akhirnya secara resmi mengakui adanya masalah pada penerimaan sinyal pada smartphone terbarunya iPhone 4. Namun, perusahaan yang bermarkas di Cupertino, California, AS itu berdalih kesalahan bukan pada antenanya melainkan pada software yang mengatur tampilan kekuatan sinyal di layar.

"Setelah diselidiki, kami terkejut karena menemukan bahwa software yang kami gunakan untuk menghitung berapa besar kekuatan sinyal benar-benar salah," kata Apple dalam pernyataannya di websitenya.

Apple mengakui software di iPhone 4 salah menerjemahkan kekuatan sinyal. Saat telepon sebenarnya hanya mendapatkan kekuatan sinyal dua bar yang ditampilkan tetap 4-5 bar. Tapi begitu kekuatan sinyal turun menjadi satu bar yang ditampilkan juga satu bar. Hal tersebut membuat banyak pengguna mengeluh karena kekuatan sinyal yang diterima tiba-tiba turun drastis meski menurut Appel kenyataannya tidak demikian, hanya turun satu bar.

Menanggapi keluhan dari para pengguna, Apple menyatakan akan memperbaiki software tersebut dan akan menggunakan formula yang direkomendasikan oleh AT&T Inc. sebagai mitra operatornya di AS. Perbaikan software akan memberikan tampilan yang lebih akurat mengenai kekuatan sinyal pada iPhone 4. Sehingga bila pengguna melihat tanda sinyal yang lemah, itu mungkin karena jangkauan jaringan yang lemah di daerah tersebut.

Sebelumnya, juru bicara Apple mengatakan pihaknya menduga bahwa kekuatan sinyal yang lemah karena cara memegang telepon yang tidak pas sehingga menyebabkan redaman. Bisa jadi karena menggenggam telpon terlalu erat dekat antena. Pada iPhone 4, desain antena luarnya memang unik karena diletakkan menempel pada lapisan stianless steel yang mengelilingi perangkat itu. Juru bicara Apple sempat mengatakan pengguna iPhone 4 disarankan tidak memegang dua bagian antena sekaligus di sudut bawah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com