Android Sebentar Lagi Tembus 100.000 Aplikasi

Kompas.com - 12/07/2010, 16:41 WIB
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Dukungan aplikasi dari pihak ketiga terhadap platform smartphone Android yang digagas Google tumbuh pesat. Dalam waktu dekat diperkirakan jumlah aplikasi yang mendukung Android mencapai 100.000 buah aplikasi.

Tingkat pertumbuhan Android sangatlah besar. Saat ini, statistik terakhir dari Androlib menunjukkan bahwa Android telah mencapai lebih dari 90.000 aplikasi. Selama bulan Juni saja tercatat 15.000 aplikasi telah ditambahkan. Angka ini memang belum dikonfirmasi oleh Google. Sebelumnya, pada bulan April, Android baru menghasilkan 50.000 aplikasi.

Peningkatan jumlah aplikasi seringkali mengalami lonjakan setiap dirilisnya ponsel Android yang baru. Misalnya, pada saat peluncuran Motorola Droid pada November tahun lalu dan tingkat pertumbuhan yang paling baru adalah sekitar bulan April-Mei pada saat peluncuran HTC Droid Incredible.

Ekspansi Android yang sangat cepat bisa bersaing ketat dengan iPhone App Store dalam hal kuantitas. Terakhir Apple telah menempatkan 225.000 aplikasi, namun dengan tingkat pertumbuhan yang lebih lambat.

Meskipun tumbuh cepat, ada kekhawatiran bahwa Android terlalu berfokus pada aplikasi gratis saja, tidak banyak menjual aplikasi berbayar dan tidak profesional. Namun, pengguna yang akan menentukan apakah Android akan bertahan dan bersaing dengan iPhone dan smartphone lain di masa mendatang.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X