Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tantangan Android: Kestabilan Data!

Kompas.com - 18/07/2010, 10:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menurut pendiri Komunitas ID Android, Agus Hamonangan, tantangan Android ke depan adalah terkait dengan kestabilan data. Selama ini, akses data dinilai masih belum stabil.

"Handphone yang pakai Android adalah HP data sehingga kalau jaringannya mati ponsel itu sudah tidak bisa apa-apa lagi. Makanya, kestabilan data penting untuk Android," ujar Agus, Sabtu (17/7/2010), di Jakarta.

Menurutnya, ketersediaan infrastruktur mobile data yang stabil dan cepat itu mampu mendukung kerja Android. Hal ini merupakan tugas operator agar Android dapat digunakan tanpa hambatan.

Android memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan sistem operasi lain. Sistem ini bersifat open source dalam artian pengguna Android dibebaskan untuk menciptakan aplikasi yang sesuai dengan perkembangan kebutuhannya. Dan, untuk mendapatkan aplikasi-aplikasi tersebut, pengguna pun tidak dikenai biaya.

Karena sifatnya yang open source inilah yang membuat ponsel ini akan memungkinkan penggunanya mengakses internet untuk mengunduh berbagai aplikasi gratis Android.

Melihat adanya peluang akses data yang besar, operator di Indonesia, seperti Indosat, Telkomsel, dan XL Axiata,  mulai melirik Android.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com