Android Market Masuk "Billing" Operator

Kompas.com - 27/07/2010, 12:13 WIB
EditorTri Wahono

MOUNTAIN VIEW, KOMPAS.com - Kabar baik buat para pengguna ponsel berbasis Android karena kini layanan Android Market menyediakan pilihan transaksi melalui billing operator. Artinya, pengguna yang ingin mendapatkan aplikasi berbayar yang diinginkan tidak harus punya kartu kredit karena akan langsung masuk dalam tagihan bulanannya.

Dalam blog Google, Tim Bray, dari tim pengembang Android, menyatakan bahwa Google telah memperbaharui Developer Distribution Agreement (DDA) Android Market untuk mengakomodasi beberapa model pembayaran yang disukai konsumen. Alternatif pembayaran yang lebih fleksibel dan terintegrasi dengan tagihan seluler ini diharapkan meningkatkan kenyamanan yang dapat menjembatani jarak antara toko aplikasi dan provider seluler.

Izin pembayaran dengan model ini akan dilakukan dengan kemitraan bersama operator tertentu. T-Mobile merupakan operator pertama yang akan menyediakan sistem pembayaran tersebut di AS. Namun Bray tidak menjelaskan secara spesifik operator lainnya yang akan mendukung rencana pembayaran dengan cara baru ini.

Rencana baru ini akan berlaku bagi siapa saja baik yang sudah bergabung maupun yang baru akan bergabung dalam Android Market. Para pelanggan yang sudah bergabung akan diberitahu melalui email mereka mengenai perubahn ini dan mempunyai jangka waktu 30 hari untuk mengkonfirmasi hal ini.

Android Market termasuk ekspansif dengan jumlah aplikasi yang tersedia kini mencapai lebih dari 70.000 buah. Sebagian besar aplikasi gratis, namun ada juga yang berbayar.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X