Google Pun Rayakan HUT RI ke-65

Kompas.com - 17/08/2010, 16:39 WIB
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Bangsa Indonesia pantas berbangga karena perayaan HUT RI ke-65 juga diperingati Google dengan menampilkan perubahan logo atau biasa disebut Doodle dengan tema Indonesia. Tidak semua hari kemerdekaan negara di dunia diperingati Google lho.

Jika halaman depan situs web www.google.com dikunjungi sekarang, Selasa (17/8/2010), logo Google berubah dengan warna utama merah putih. Tulisan Google yang biasanya warna-warni berubah menjadi warna merah dan putih saja di semua huruf. Di sekitarnya terdapat ornamen bunga berwarna pink sebanyak empat buah.

Selain itu, dua huruf "O" diganti gambar bunga. Entah kenapa Google memilih gambra bunga sebagai simbol Indonesia. Huruf "G" kedua di bagian tengah pun berubah menjadi seorang penari. Tidak jelas kostum traian mana yang dilambangkan, namun sekilas mirip penari Pendet dari Bali yang selama ini sering diperdebatkan di internet karena digunakan Malaysia dalam iklan pariwisatanya.

Jika pointer mouse diatahkan ke logo tersebut akan muncul tulisan "Dirgahayu Indonesia - menyambut HUT RI ke-65". Dan apabila logo tersebut di-klik akan muncul hasil pencarian otomatis dengan kata kunci "Indonesia Merdeka".

Perhatian Google ke Indonesia memang semakin hangat dalam beberapa bulan terakhir. Untuk pertama kalinya Google meluncurkan Chrome sebagai produknya langsung di Indonesia. Google juga menjalin kerja sama dengan Bakrie Connection dalam penjualan model yang di-bundle browser Chrome secara otomatis. Namun, sejauh ini Google belum terdengar akan membuka kantor perwakilan di Indonesia seperti yang dilakukan Yahoo!.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X