Nokia X3 Touch and Type

Kombinasi Tombol "Enak" dan Layar Sentuh

Kompas.com - 18/08/2010, 23:19 WIB
EditorTri Wahono

ESPOO, KOMPAS.com - Tak dapat dipungkiri bahwa keypad 12 tombol masih menjadi fitur paling banyak dipakai di ponsel ketimbang layar sentuh yang dipelopori handset kelas smartphone. Meski demikian, layar sentuh nyatanya makin populer dan menjadi tren.

Soal kenyamanan, keypad standar bisa jadi lebih enak untuk mengetik ketimbang keypad QWERTY. Buktinya, BlackBerry yang dikenal jagoannya handset QWERTY pun sampai mengeluarkan seri Pearl 3G yang menggunakan keypad 12 tombol.

Nah, sesuai tren tersebut, ponsel terbaru Nokia X3 Touch and Type menggabungkan kenyamanan keypad 12 tombol dengan layar sentuh. Nokia X3 Touch merupakan seri ponsel musik kelima setelah Nokia merilis X3, X6, X5, dan X2.

"Riset kami menunjukkan konsumen yang selama ini bertahun-tahun terbiasa menggunakan satu tangan, (dan) satu jempol untuk mengetik cepat SMS, chat, dan pesan instan, ternyata juga menyukai layar sentuh," ujar Mary McDowell, eksekutif Nokia dalam situs resmi, Selasa (17/8/2010).

Selain kelebihan tersebut, Nokia X3 Touch dan Type termasuk ponsel Nokia paling tipis saat ini dengan ketebalan hanya 9,6 mm dan berat 78 gram. Dimensi masih pas digenggam tangan karena panjangnya hanya 10,6 cm dan lebar 4,8 cm. Ukuran layarnya 2,4 inci. Tampilannya tak kalah gaya karena menggunakan casing aluminium dengan 5 warna pilihan.

Fitur-fitur lainnya juga tergolong menengah ke atas dengan koneksi 3G, HSPA, dan WiFi. Kamera 5 megapixel 4 digital zoom bisa merekam foto dan video. Aplikasi utama musik player, radio, dan Communities yang mengintegrasikan layanan chat dan jejaring sosial. Sebagai ponsel musik, terdapat tombol akses langsung ke musik player. Sebagai ponsel messaging, juga ada tombol langsung untuk mengakses email. Daya tahan baterainya 5 jam untuk waktu bicara dan 17 hari standby.

Di sejumlah negara, ponsel ini akan dibundel dengan layanan download musik tanpa batas Ovi Music Unlimited yang menawarkan 11 juta lagu. Nokia X3 Touch and Type akan tersedia mulai kuratal ini di China, Irlandia, Inggris, Rusia, Australia, Selandia Baru, Singapura, Jerman, Spanyol, Portugal, Perancis, Meksiko, Arab Saudi, dan Yaman. Harga jualnya dibanderol sekitar 125 Euro.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.