Intel Akuisisi McAffe Senilai 7,68 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 23/08/2010, 09:59 WIB
EditorTri Wahono

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Ada penjelasan menarik mengenai tagline Intel Corp yang cukup terkenal, "Intel Inside". Lewat tagline-nya itu, sepertinya, Intel ingin berada di dalam televisi, telepon selular, dan mobil Anda. Dengan kata lain, Intel ingin berada di dalam setiap perangkat yang nantinya bisa terkoneksi ke internet dan membutuhkan chip komputer.

Teranyar, Intel ingin menawarkan produk baru kepada pelanggan yakni keamanan software. Hal itu dibuktikan Intel dengan membeli McAfee Inc senilai 7,68 miliar dollar AS. Asal tahu saja, Intel merupakan perusahaan semikonduktor nomor satu dunia saat ini.

Akuisisi yang diumumkan Kamis (19/8/2010) menjadikan aksi ini sebagai akuisisi dengan nilai terbesar dalam sejarah 42 tahun berdirinya Intel.

Langkah yang diambil Intel dirasa sangat tepat. Sebab, McAffe akan membantu Intel memperbaiki tingkat keamanan pada chip miliknya, di mana saat ini chip tersebut tertanam di sekitar 80% PC dan server di seluruh dunia. Akuisisi tersebut juga akan menambah pundi-pundi baru bagi Intel karena perusahaan itu akan menjual software McAffe bersama dengan chip untuk PC dan perangkat lain.

Namun, rupanya, optimisme Intel tidak dirasakan oleh pasar. Sesaat setelah pengumuman, saham Intel melorot 63 sen atau 3,2 persen menjadi 18,96 dollar AS.

Beberapa analis juga mempertanyakan langkah Intel membeli McAffe. Mereka menilai, Intel akan mendapatkan keuntungan yang sama dengan melanjutkan kerjasaama antar dua perusahaan yang sudah terjalin selama ini.(KONTAN/Barratut Taqiyyah)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.