Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RIM Buka Kantor Perwakilan di Indonesia

Kompas.com - 23/09/2010, 16:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen BlackBerry, Research In Motion (RIM) akhirnya membuka kantor perwakilan di Indonesia. Hal tersebut diungkapkan Gregory Wade, Managing Director South East Asia RIM pada peluncuran BlackBerry Torch di Jakarta, Kamis (23/9/2010).

"Saya dengan bangga mendaftarkan PT Research In Motion Indonesia di Jakarta," kata Gregory Wade. Ia mengatakan, kehadiran RIM secara resmi di Indonesia merupakan bentuk keseriusan untuk menggarap pasar Indonesia.

Ia menambahkan, RIM memandang Indonesia sebagai salah satu pasar smartphone yang penting. BlackBerry juga disambut positif terbukti dengan pertumbuhan pengguna di Indonesia yang terus meningkat.

"Pengapalan smartphone di Indonesia tumbuh 79 persen selama setahun untuk kuartal kedua. Pengiriman smartphone di Indonesia diperkirakan tumbuh 56,6 persen pada 2010," ujarnya mengutip laporan riset IDC.

Namun, ia belum dapat memastikan kapan kantor perwakilan di Indonesia akan mulai beroperasi. Ia menjanjikan secepatnya begitu semua persiapan dan urusan diselesaikan termasuk menyiapkan tenaga kerja yang dibutuhkan.

Selama ini, RIM telah memiliki jaringan distributor di Indonesia baik distributor ritel maupun operator telekomunikasi. RIM juga sudah membuka pusat layanan purnajual yang akan mencapai 36 lokasi di berbagai kota sampai akhir tahun ini.

Soal desakan pemerintah agar RIM juga membuka data center di Indonesia, Wade tidak bersedia mengungkaplebih jauh. Menurutnya, pihaknya akan selalu mematuhi aturan di Indonesia dan hal tersebut masih terus dibicarakan dengan pemerintah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com