Mau Sukses Wirausaha? Jangan Jadi Broker

Kompas.com - 07/10/2010, 06:55 WIB
EditorDini

KOMPAS.com — Kaya bukan menjadi ukuran kesuksesan sebuah usaha. Wirausaha yang sukses dan bertahan membutuhkan kerja keras yang bukan cuma bermodalkan kepintaran. Jika ingin sukses berbisnis, Anda harus berani memulai dari bawah, berinovasi, cerdas, bekerja keras, dan memiliki strategic thinking.

"Orang Indonesia banyak yang kaya karena menjadi broker. Padahal, yang dibutuhkan untuk membangun wirausaha sukses adalah kerja keras dari bawah dengan inovasi bisnis yang baru. Start small, dream big," papar pengamat ekonomi Aviliani seusai peluncuran program reality show kompetisi wirausaha Diplomat Success Challenge, beberapa waktu lalu.

Pebisnis yang memiliki fondasi kuat akan selalu siap menghadapi kendala. Saat gagal berbisnis, pebisnis tak patah arang dan akan bertahan.

Kompetisi bisnis bisa memotivasi

Selain fondasi yang kuat, dalam berbisnis juga diperlukan kompetisi. Kompetisi bisnis inilah yang meningkatkan motivasi.

"Kalau tak terbiasa bersaing, belum apa-apa sudah merasa down," tambah Aviliani.

Semangat untuk mempertahankan bisnis dalam kondisi sesulit apa pun semakin terasah jika mental kuat. Inilah juga manfaat kompetisi bisnis, selain juga sportivitas yang teruji.

Siap menjadi pengusaha sukses dengan cara ini?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.