Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Gangguan Sinyal di Jakarta dan Sekitarnya

Kominfo Temukan 42 Titik Gangguan Sinyal di Jakarta dan Sekitarnya

Kompas.com - 11/10/2010, 13:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.COM- Sadarkah Anda bahwa selama ini komunikasi Anda menggunakan telepon genggam mengalami gangguan? Tidak terjadi di semua tempat di Jakarta dan sekitarnya tentu. Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menemukan sebanyak 42 titik di kawasan ini yang kerap mengganggu penggunaan jaringan seluler. Distribusinya antara lain di Jakarta Utara 20 lokasi, Jakarta  Selatan lima lokasi, Jakarta Timur empat lokasi, Jakarta Barat lima lokasi, Jakarta Pusat lima lokasi, Tangerang dua lokasi, dan di wilayah Bogor satu lokasi.

Menurut siaran pers yang diterbitkan oleh Kominfo, gangguan ini sesungguhnya sudah dirasakan setahun silam. Ada enam titik yang ditengarai sering mengalami gangguan. Akibatnya frekuensi pada band 900 MHz yang digelar oleh Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata berimbas pada gagalnya panggilan (drop call).

Gangguan ini terjadi lantaran ulah warga atau perusahaan yang memasang perangkat penguat sinyal (repeater) yang tidak berizin dan diindikasikan spesifikasi perangkatnya tidak sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan oleh Ditjen Postel. Oleh sebab itu, Kominfo tengah berupaya untuk melakukan penertiban dengan melibatkan aparat penegak hukum dengan cara menyita maupun menyegel perangkat tersebut.

Penggunaan repeater sendiri tak lain untuk memperoleh sinyal terkuat dari BTS terdekat. Namun akibatnya justru merusak gangguan penerimaan di sekitarnya. (ANDRA/FORSEL)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com