Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Internet

AOL Inc Berniat Mengakuisisi Yahoo!

Kompas.com - 15/10/2010, 09:28 WIB

CALIFORNIA, KOMPAS.com — Yahoo! Inc kembali menjadi target akuisisi. Raksasa media internet ini tengah dibidik AOL Inc, perusahaan penyelenggara jasa internet global asal Amerika Serikat. Meski belum ada kabar resminya, manajemen Yahoo! sudah bersiap menghadang rencana tersebut.

Tiga sumber yang dikutip Bloomberg, Kamis (14/10/2010), bilang, Yahoo! telah menggandeng Goldman Sachs Group untuk membantu mempertahankan diri dari kemungkinan akuisisi oleh AOL. Tim hukum dan komunikasi Yahoo! bersama Goldman dan penasihat lainnya mulai bekerja sama selama dua pekan ke depan.

"Mereka bekerja untuk menangani berbagai pendekatan, termasuk kemungkinan tawaran dari AOL dan perusahaan investasi lainnya," kata sumber itu. Sejauh ini, belum ada satu pun proposal penawaran yang diterima Yahoo!.

Yahoo! melakukan langkah persiapan diri lantaran kabar ketertarikan AOL terhadap mesin pencari di internet itu kian beredar kencang. Kabarnya, AOL bersama perusahaan pengelola dana investasi, seperti Silver Lake Partners dan Blakestone Group, tengah menjajaki peluang akuisisi Yahoo!. "Dalam beberapa hari ke depan rencana ini akan makin jelas," kata seorang sumber lainnya.

Meski begitu, perusahaan investasi itu dikabarkan telah mengalokasikan dana akuisisi 10 miliar dollar AS-12 miliar dollar AS. Adapun nilai pasar Yahoo! saat ini sekitar 20,6 miliar dollar AS. Sayang, juru bicara AOL, Yahoo!, dan Goldman. Sachs menolak menanggapi berbagai kabar tersebut.

Melawan Google

AOL bukanlah peminat pertama Yahoo!. Pada Mei 2008, Microsoft Corp pernah mengajukan tawaran akuisisi Yahoo! senilai 50 miliar dollar AS. Namun, rencana itu kandas dan ditolak manajemen Yahoo!. Sejak peristiwa itu hingga kini, harga saham Yahoo! sudah tergerus sekitar 47 persen.

Kini, beberapa perusahaan investasi dan bank investasi mencetuskan niat pengambilalihan Yahoo! melalui AOL dan News Corp.

Sekadar informasi, AOL dan News Corp dimiliki Time Warner Inc. Rencana akuisisi itu dilakukan agar Yahoo! fokus sebagai perusahaan media, sedangkan mitranya menggarap bisnis internet.

Sejatinya, AOL telah lama menyimpan hasrat terhadap Yahoo!. Pada Desember 2008, Jeff Bewkes selaku Chief Executive Officer Time Warner mengaku tengah membahas kemungkinan kesepakatan AOL dengan Yahoo!, Microsoft, dan Google Inc.

Kombinasi AOL dan Yahoo! bisa memperkuat persaingannya dengan jalinan sinergi Google dan Facebook Inc. Di sisi lain, penjualan Yahoo! pada kuartal kedua 2010 di bawah prediksi analis. Bulan lalu, tiga manajer top Yahoo! keluar dari perusahaan itu. (KONTAN/Yura S.)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com