Toshiba 1 Nusa Dimanfaatkan Pedagang Nakal

Kompas.com - 16/10/2010, 20:51 WIB
EditorAsep Candra

JAKARTA, KOMPAS.com - Respon masyarakat yang tinggi dari program penjualan netbook Toshiba 1 Nusa ternyata dimanfaatkan sejumlah orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengambil keuntungan sendiri.

Upi, staf penjualan di counter Toshiba 1 Nusa di Carrefour Lebak Bulus, Jakarta Selatan mengakui adanya pedagang-pedagang nakal yang membeli netbook ini untuk dijual kembali dengan harga lebih mahal.

"Kata orang-orang, ada yang jual netbook ini di Mangga dua harganya 4,2 juta. Kita di sini juga kan nggak tahu mana yang beli untuk dijual lagi, mana yang dipakai sendiri," ujarnya saat ditemui Kompas.com sore tadi di counter Toshiba 1 Nusa Carrefour Lebak Bulus, Jakarta Selatan (16/10/2010).

Hal ini juga diamini oleh beberapa masyarakat. Icha, salah satu pembeli mengakui bahwa dirinya melihat Toshiba 1 Nusa dijual di pusat perbelanjaan lain. "Kemarin saya lagi cari-cari netbook di Mangga Dua lihat ini juga, tapi di sana dijual 3,7 juta," ungkapnya.

Para pedagang nakal ini memanfaatkan program Toshiba 1 Nusa karena memang netbook ini dianggap sangat murah. Rata-rata netbook Toshiba berharga 5 jutaan, namun netbook ini hanya berharga 3,299 juta rupiah.

Harga ini juga dianggap cukup murah jika dibandingkan dengan spesifikasinya yang cukup tinggi. Netbook ini memiliki spesifikasi yang cukup tinggi. Toshiba 1 Nusa dilengkapi RAM sebesar 1GB dan kapasitas penyimpanan 160 GB.

Sistem operasi Windows 7 juga diberikan saat kita membeli netbook ini. Namun Microsoft Office dan anti virus Norton hanya sebagai trial selama 60 hari. Prosesor Intel Atom N455 1.66GHz, 512KB L2 cache, 667MHzFSB ditanamkan dalam netbook dengan layar 10,1 inchi ini. Terdapat aplikasi Configfree yang berguna untuk mempermudah pencarian sinyal WiFi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.