Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toshiba 1 Nusa Dimanfaatkan Pedagang Nakal

Kompas.com - 16/10/2010, 20:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Respon masyarakat yang tinggi dari program penjualan netbook Toshiba 1 Nusa ternyata dimanfaatkan sejumlah orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengambil keuntungan sendiri.

Upi, staf penjualan di counter Toshiba 1 Nusa di Carrefour Lebak Bulus, Jakarta Selatan mengakui adanya pedagang-pedagang nakal yang membeli netbook ini untuk dijual kembali dengan harga lebih mahal.

"Kata orang-orang, ada yang jual netbook ini di Mangga dua harganya 4,2 juta. Kita di sini juga kan nggak tahu mana yang beli untuk dijual lagi, mana yang dipakai sendiri," ujarnya saat ditemui Kompas.com sore tadi di counter Toshiba 1 Nusa Carrefour Lebak Bulus, Jakarta Selatan (16/10/2010).

Hal ini juga diamini oleh beberapa masyarakat. Icha, salah satu pembeli mengakui bahwa dirinya melihat Toshiba 1 Nusa dijual di pusat perbelanjaan lain. "Kemarin saya lagi cari-cari netbook di Mangga Dua lihat ini juga, tapi di sana dijual 3,7 juta," ungkapnya.

Para pedagang nakal ini memanfaatkan program Toshiba 1 Nusa karena memang netbook ini dianggap sangat murah. Rata-rata netbook Toshiba berharga 5 jutaan, namun netbook ini hanya berharga 3,299 juta rupiah.

Harga ini juga dianggap cukup murah jika dibandingkan dengan spesifikasinya yang cukup tinggi. Netbook ini memiliki spesifikasi yang cukup tinggi. Toshiba 1 Nusa dilengkapi RAM sebesar 1GB dan kapasitas penyimpanan 160 GB.

Sistem operasi Windows 7 juga diberikan saat kita membeli netbook ini. Namun Microsoft Office dan anti virus Norton hanya sebagai trial selama 60 hari. Prosesor Intel Atom N455 1.66GHz, 512KB L2 cache, 667MHzFSB ditanamkan dalam netbook dengan layar 10,1 inchi ini. Terdapat aplikasi Configfree yang berguna untuk mempermudah pencarian sinyal WiFi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com