Merek Toshiba di Pasar Netbook Masih Kuat

Kompas.com - 15/11/2010, 16:41 WIB
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Kesuksesan penjualan netbook "1 Nusa Bangsa" melalui Carrefour diakui atau tidak didorong nama besar Toshiba sebagai pemasok produknya. Meski harga yang ditawarkan bukan yang paling murah dibandingkan merek netbook sejenis dan bukan yang paling canggih, nyatanya produk tersebut tetap diburu konsumen.

"Positioning Toshiba di market selama ini memang dengan harga yang higher (lebih tinggi). Toshiba berani karena punya history di Indonesia sudah cukup lama. Mereka (konsumen) mau membayar lebih ke Toshiba karena quality," ujar Albert Susilo, Channel Manager PC Department Toshiba Indonesia, Senin (15/11/2010) di Jakarta.

Ia mengakui netbook yang disediakan dalam program tersebut menggunakan prosesor Intel Atom bukan yang terbaru. Namun, kata dia, bukan berarti kinerjanya kalah dengan netbook-netbook yang menggunakan prosesor lebih baru. Sebab, netbook ditujukan untuk penggunaan biasa seperti akses internet dan olah dokumen.

Terbukti, hanya dalam waktu kurang dari sebulan, netbook Toshiba NB250-A105 terjual habis di Carrefour. Bahkan, Toshiba telah memasok penjualan gelombang kedua mulai pertengahan bulan ini. "Kita sudah memulai batch kedua sejak 12 November di berbagai outlet di Jabotabek," ujar Iswadi Pryanali Linardo, Marketing Specialist Toshiba Indonesia.

Netbook Toshiba NB250-A105 dijual seharga Rp 3,299 juta di gerai-gerai Carrefour dan tambahan diskon Rp 100.000 jika pembeli menunjukkan kartu pelajar. Penjualan tersebut merupakan bagian dari program sosial Carrefour "1 Nusa Bangsa" untuk para pelajar. Netbook ini menggunakan sistem operasi Windows 7 Starter edition, prosesor Intel Atom N455 1,66 GHz, hardisk 160 GB, layar 10,1 inci, memori DDR3 1 GB, WiFi, baterai 3 sel tahan 3 jam, dan garansi lokal 1 tahun. Selain itu, produk ini juga didukung konten Telkom Speedy, Microsoft, dan Kompas.  

Pangsa pasar Toshiba di Indonesia bisnis notebook juga masih kokoh. Mengutip data survei IDC, kata Albert, Toshiba masih menduduki peringkat ketiga di Indonesia di laporan kuartal ketiga 2010.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.