Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iTunes Akhirnya Sediakan Lagu-lagu The Beatles

Kompas.com - 18/11/2010, 09:29 WIB

CUPERTINO, KOMPAS.com - Penggemar iPod kian sumringah. Bertambah lagi hasil karya musisi besar yang bisa mereka beli melalui layanan iTunes. Lagu-lagu milik kelompok musik legendaris asal Liverpool, The Beatles, kini akhirnya tersedia.

Apple Inc. mengungkapkan hal itu, Selasa (16/11/2010) lalu. Selama ini, lagu-lagu The Beatles memang belum pernah diperjual belikan di iTunes, maupun situs musik online lainnya. Apple Corps Ltd, selaku pemegang hak dari lagu-lagu The Beatles, tak juga menjual lagu-lagu The Beatles lewat internet. Situasi makin diperburuk dengan sengketa yang terjadi antara Apple Inc dan Apple Corps terkait penggunaan nama dan logo Apple.

Tahun 2007, kedua perusahaan sepakat untuk menggunakan logo dan merek Apple secara bersama-sama. Kejadian inilah yang makin mempermulus pelepasan lagu-lagu The Beatles di internet.

Sebelumnya, untuk mendengarkan lagu-lagu The Beatles di iPod, seseorang harus melakukan proses "rip" dahulu dari CD mereka, untuk kemudian diunggah secara online. Atau cara lainnya, adalah mendapatkannya dari seseorang yang sudah terlebih dahulu mempunyai lagu-lagu The Beatles di iPod mereka. Tentu saja kepemilakn tersebut ilegal. Kini lewat iTunes, pengguna iPod bisa memiliki lagu the Beatles secara legal dengan harga per lagi 1,29 dollar AS.(Kontan/Agung Ardyatmo)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com