BMW Kasih Nama i8 untuk Konsep VED

Kompas.com - 30/12/2010, 11:46 WIB
EditorBastian

MUNICH, KOMPAS.com — Pada gelaran Frankfurt Motor Show 2009, pabrikan Jerman BMW AG memamerkan konsep vision efficient dynamics (VED). Bahkan pada November lalu dikabarkan, sedan yang diklaim superefisien karena mempunyai bobot sangat ringan dengan teknologi hibrida itu sudah mulai diproduksi. Hanya saja, nama dan kendaraan tersebut belum terungkap.

BMW katanya sudah mendaftar seri "i" ditambah angka untuk proyek MegaCity-nya. Malah, BMWBlog membocorkan jika BMW akan memakai i1, i2, i3, sampai i9 dan mulai diterapkan untuk produksi 2013 dan 2014, termasuk juga VED yang akan mulai diproduksi akhir 2013. Nah, untuk VED, konon ada kemungkinan dipakai i8. Kenapa bukan i9 atau 100?

Pilihan itu, kemungkinan BMW ingin menghidupkan kembali memori "supercar M8" mereka yang tidak jadi diluncurkan. Kebetulan, desain dari VED memang agak menjurus ke supercar, apalagi dengan sebagian sasisnya memakai bahan serat karbon dan bobotnya pun sangat ringan, yang menjadi ciri dari supercar.

Tak cuma itu, BMW melihat VED merupakan kendaraan yang lebih efisien, tetapi senang saat dikendarai lantaran putaran mesin tinggi dan tenaga kuda dari balik kap mesin cukup besar. BMW tak ingin membandingkan VED dengan M8 atau Seri 8 karena beda teknologi dan eranya.

Namun, pihak BMW sendiri belum memberi sinyal perihal nama itu. Apalagi, jadwal produksinya masih tiga tahun dari sekarang. Sebagai label sementara, kata sumber BMW, pihaknya mengasih nama BMW i8.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.