Memuaskan, Telekomunikasi pada Tahun Baru

Kompas.com - 02/01/2011, 11:14 WIB
EditorA. Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan, layanan telekomunikasi pada pergantian tahun ini relatif dalam kondisi prima. Keberhasilan tersebut sebelumnya juga terjadi pada saat hari raya Natal 2010.

Menurut Kementerian Kominfo, PT Telkom misalnya melalui TelkomFlexi meningkatkan kualitas sinyal di lokasi wisata dan pusat-pusat kunjungan melalui penambahan repeater dan mobile BTS, penyediaan kapasitas SMS yang mampu melayani 14,8 juta SMS per jam, dan peningkatan bandwidth internet 3,2 Gbps untuk melayani data FlexiNet.

PT Telkomsel yang juga telah menyiapkan seluruh elemen jaringan (ketersediaan jangkauan layanan, BTS, MSC, BSC, kapasitas inteligent network, kapasitas SMSC, kapasitas layanan BlackBerry, dan jaringan 3G/HSDPA/HSPA+).

"Merujuk kepada kualitas layanan telekomunikasi pada saat pergantian tahun dan kondisi sepanjang tahun 2010, Kementerian Kominfo tetap mengharapkan dan mengingatkan agar standar kualitas layanan telekomunikasi dapat lebih diperbaiki," kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo Gatot S Dewa Broto, Minggu (2/1/2011) di Jakarta.

Operator telekomunikasi Excelcomindo pun melaporkan peningkatan trafik komunikasi tertinggi terjadi pada SMS sebesar 16 persen dibandingkan trafik pada hari biasa. Layanan suara naik 3 persen menjadi 617 juta menit, layanan SMS naik 16 persen menjadi 755 juta SMS, dan layanan komunikasi data/GPRS naik 4 persen menjadi 17,6 terabyte, kata Febriati Nadira, Head of Corporate Communication XL.

Sementara Indosat melaporkan trafik SMS mencapai 714 juta SMS (naik 165 persen dibandingkan saat Tahun Baru sebelumnya). Kenaikan trafik tertinggi di wilayah Jawa Timur, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Sementara pengiriman data mencapai 18,73 terabyte.

Layanan suara mencapai 355 juta minutes production (naik 123 persen dibandingkan pada pergantian tahun sebelumnya). Trafik layanan suara tertinggi terjadi di Sumatera bagian selatan, Jawa Timur, dan Jabodetabek.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara PT Telkomsel melaporkan, layanan suara, trafik naik sebesar 10 persen daripada hari biasa pada tahun 2010. Layanan SMS via telepon seluler mengalami kenaikan sebesar 24,45 persen ketimbang hari-hari biasa pada tahun 2010.

Adapun trafik SMS yang diakses melalui mobile device mengalami kenaikan sebesar 19,96 persen. Layanan MMS meningkat sebesar 72,52 persen dibandingkan hari-hari biasa dan kenaikan ini khususnya akibat pengiriman ucapan selamat tahun baru dengan image atau foto.

Namun, Kemeneterian Kominfo mengingatkan, untuk layanan suara, successful call ratio yang seharusnya dicapai operator masih dapat ditingkatkan karena ada kecenderungan setiap pengguna layanan masih harus men- dial minimal sekali untuk dapat terhubung dengan tujuan yang ingin dihubungi.

Untuk layanan SMS, tingkat keberhasilan pengiriman sudah cukup baik dan merata di hampir seluruh penyelenggara telekomunikasi.

Adapun untuk layanan komunikasi data (internet), meski tidak sampai mengganggu layanan, mulai sekitar dua jam menjelang tengah malam pergantian tahun hingga dua jam berikutnya kecepatan untuk mengakses layanan internet sedikit terkendala karena kecepatannya agak berkurang dan cukup banyak dikeluhkan oleh sejumlah pengguna layanan ke Kementerian Kominfo.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X