Axioo Picopad, Android Lokal Khas Indonesia

Kompas.com - 03/01/2011, 10:30 WIB
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com — Perusahaan komputer lokal asal Indonesia, Axioo, akhirnya masuk ke pasar tablet dan smartphone dengan platform Android buatan Google. Produk pertama yang diluncurkan bukan tablet, bukan pula smartphone. Axioo menyebutnya MID (mobile internet devices).

"Disebut MID karena bisa berfungsi sebagai tablet sekaligus memiliki fungsi telefoni seperti smartphone," kata David Kartono, VP Product Development & International Sales Axioo, saat memperkenalkan produk tersebut pekan lalu. Untuk akses internet, tersedia pilihan melalui WiFi ataupun jaringan GSM/3G/HSDPA.

Tema khas Indonesia diusung sebagai bentuk diferensiasi dengan produk sejenis pesaingnya. Menurut Budi Wahyu Jati, Corporate Division Director Axioo International, pihaknya memiliki tim desain produk sendiri sehingga dapat melakukan kustomisasi terhadap produk yang masuk ke pasar Indonesia.

Meski secara spesifikasi tidak terlalu berbeda dengan para pesaingnya, Axioo Picopad hadir dengan tampilan khas. Kekhasan tersebut antara lain menu yang telah dikustomisasi dengan pilihan bahasa Indonesia. Selain itu, Axioo juga menyertakan pilihan beberapa wallpaper yang berlatar batik khas Indonesia.

Sistem operasi yang digunakan Android 2.2 atau Froyo dan di dalamnya sudah terhubung ke Android Market yang menyediakan lebih dari 100.000 aplikasi gratis ataupun berbayar. Perangkat ini menggunakan prosesor Qualcomm MSM7227 ARM11 600 MHz. Kapasitas memori internalnya 512 MB NAND Flash dan 512 MB DDR RAM serta mendukung 32 GB memori eksternal micro SD. Pada paket penjualannya disertakan memori micro SD 16 GB.

Fitur lainnya adalah kamera belakang 3 MP dan kamera depan 0,3 MP. Axioo Picopad menggunakan layar sentuh 7 inci, jenis TFT kapasitif dengan resolusi 800 x 480 WVGA. Baterainya 3.200 mAH yang tahan hingga 550 jam waktu standby.

Axioo Picopad dibanderol dengan harga di bawah Rp 5 juta. Selain di Indonesia, produk ini juga akan diekspor ke Singapura, Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Paket penjualan akan menyertakan headset bluetooth untuk memudahkan pengguna saat melakukan panggilan telepon.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X