Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluncuran Drupal7 Dirayakan di Indonesia

Kompas.com - 04/01/2011, 15:06 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Komunitas pengguna dan pengembang Drupal di Indonesia akan menggelar Drupal7 Release Party di University Club UGM, Ruang Yustisia, Kompleks Graha Sabha UGM, Yogyakarta, Jumat (7/1/2010) pukul 19.00. Acara ini untuk merayakan peluncuran versi terbaru Drupal yang dilakukan serentak di seluruh dunia.

Drupal7 Release Party berupa meet up dan sharing sesion yang akan disampaikan oleh beberapa penggiat Drupal antara lain Iqbal Aribaskara (founder Komikoo.com dan CEO Oraystudios.com), Kevin Osmond (CEO AITINDO dan founder filmoo.com), serta Yoga Pratama dan Roy Gunawan (Pengembang Drupal).

Drupal merupakan salah satu software CMS (content management system) berbasis open source yang banyak digunakan para pengembang web di dunia. Versi terbaru Drupal7 akan dirilis pada 5 Januari 2011. Peluncuran versi terbaru Drupal yang dikatakan lebih user friendly dan powerful ini kemudian akan diikuti oleh perayaan pada tanggal 7 Januari 2011 di seluruh dunia dengan mengusung nama Drupal7 Release Party.

Menurut Oktiva, pengelola Skyshi dan Inkuiri, yang menjadi organizer dan sponsor acara tersebut, para pengembang web terutama start up lokal yang tengah membangun bisnis digital umumnya menggunakan Drupal karena CMS tersebut dibangun dengan framework yang bagus. Dengan framework yang bagus memungkinkan untuk pengembangan content web atau aplikasi web yang lebih terstruktur. Beberapa web lokal yang memakai Drupal antara lain layanan pencarian produk inkuiri.com, pusat komik digital komikoo.com, filmoo.com, fimela.com, dan indohoy.com.

Pesta ini terbuka untuk umum. Jika ingin ikut bergabung dalam Drupal7 Release Party di Yogyakarta silahkan mendaftar di http://bit.ly/daftardrupal7. Selain di Yogyakarta, Drupal7 Release Party juga akan digelar di beberapa kota lain, seperti Jakarta, Bali, Batam, dan Bogor. Info selengkapnya bisa dilihat di http://www.drupal7releaseparty.org/country/indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com