Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Dapat Investasi Goldmans Sachs dan Digital Sky

Kompas.com - 05/01/2011, 14:03 WIB

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com — Valuasi Facebook kini lebih tinggi ketimbang raksasa internet seperti Yahoo Inc dan eBay Inc. Seorang sumber yang mengetahui masalah ini mengatakan, nilai perusahaan situs jejaring sosial ini mencuat setelah menggaet investasi sebesar 500 juta dollar AS dari Goldman Sachs dan Digital Sky Technologies, perusahaan investasi asal Rusia.

Sementara sumber New York Times membisikkan, Goldman Sachs akan menginvestasikan 450 juta dollar AS. Sementara Digital Sky Technologies (DST) akan menginvestasikan 50 juta dollar AS.

Nilai Facebook bakal menjulang lebih tinggi lagi. Pasalnya, menurut sumber yang enggan disebutkan namanya, kedua perusahaan itu berencana menambah investasinya menjadi minimal sebesar 1 miliar dollar AS.

Facebook dan Goldman Sachs menolak berkomentar mengenai kesepakatan itu. Sementara Digital Sky Technologies juga tidak dapat dihubungi untuk memberikan konfirmasi.

Yang jelas, penanaman modal ini menunjukkan keyakinan investor atas masa depan Facebook sebagai perusahaan tertutup yang bisa menyamai Yahoo dan eBay. Catatan saja, Yahoo adalah perusahaan yang sudah melantai di bursa.

Managing Director Lightspeed Venture Partners Jeremy Liew mengatakan, Facebook bakal memperoleh manfaat dengan menggaet dana segar dari perusahaan swasta ketimbang mengumpulkan dana dari penawaran saham. Menurutnya, salah satu keuntungannya, perusahaan bikinan Mark Zuckerberg ini bisa lolos dari perhatian pelaku pasar modal.

Cuma, Liew mengatakan, Facebook tetap akan menawarkan sahamnya kepada publik. "Saya tidak berpikir investasi itu untuk menggantikan penawaran saham mereka. Saya pikir itu hanya sebuah mekanisme untuk menundanya," katanya.

Sekadar mengingatkan, pada bulan September lalu, salah satu direksi Facebook, Peter Thiel, mengatakan, perusahaannya mungkin menawarkan saham perdana atau initial public offering (IPO) hingga akhir 2012.

Facebook merupakan salah satu perusahaan web yang berkembang pesat bersama dengan Groupon, Zynga, dan Twitter. Jumlah penggunanya pun semakin meningkat dan banyak perusahaan yang ingin beriklan di perusahaan web itu. Banyak perusahaan yang tertarik menjadi investor dan akan merasakan keuntungannya seperti Google.(Kontan/Dwi Nur Oktaviani)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com