Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
DEVCON Asia 2011

Antre Menjajal Tablet BlackBerry PlayBook

Kompas.com - 14/01/2011, 15:27 WIB

NUSA DUA, KOMPAS.com Meski sudah sejak tahun lalu diluncurkan, banyak orang masih penasaran dengan BlackBerry PlayBook. Kehadirannya di ajang BlackBerry Devcon Asia 2011 di Nusa Dua, Bali, 13-14 Januari 2011, pun menarik perhatian banyak orang.

Apalagi, ini merupakan penampakan PlayBook untuk pertama kalinya di kawasan Asia. Sebelumnya, PlayBook baru hadir di Amerika Serikat saat diperkenalkan pertama kali tengah tahun lalu dan pada ajang Consumer Electronics Show di Las Vegas belum lama ini.

Mereka rela mengantre demi menjajal perangkat tersebut barang beberapa menit. Selama dua hari dipamerkan di sela-sela pertemuan para pengembang BlackBerry, booth PlayBook selalu ramai pengunjung.

Ada yang sekadar mencoba-coba menu dan fitur-fiturnya. Mengambil gambar dengan kamera juga tak dilewatkan. Tak sedikit pula yang narsistis dengan memotret diri sendiri saat menggunakan perangkat tersebut.

Satu hal yang membuat PlayBook bikin penasaran adalah fitur-fiturnya yang disebut mendukung pengalaman mengakses internet secara penuh. Perangkat ini menampilkan fitur multimedia mumpuni dengan mendukung penuh Flash, Open GL, HTML5, CSS, dan Adobe Air. Spesifikasi perangkat kerasnya pun di atas rata-rata perangkat tablet yang beredar saat ini, yakni dengan prosesor dual core 1 GHz, memori 2 GB, kapasitas data 16 GB, serta kamera depan 3MP dan belakang 5 MP.

Sayang, tak semua rasa penasaran terjawab. Banyak yang mempertanyakan daya tahan baterai PlayBook mengingat perangkat ini menggunakan grafis sangat berat. Para pejabat Research in Motion (RIM) hanya menjanjikan bahwa kemampuan baterainya akan menjadi salah satu perhatian sebelum PlayBook diluncurkan ke pasar. Rencananya RIM memulai distribusi PlayBook di AS pada kuartal pertama tahun ini dan ke negara-negara lain pada kuartal kedua.

Pada demonya di BlackBerry Devcon Asia 2011, PlayBook hanya tersedia dengan versi WiFi. Namun, di pasar AS, PlayBook bakal tersedia dua model, masing-masing dengan WiFi saja dan dengan 4G/LTE untuk pengguna jaringan Sprint. Beberapa fiturnya yang dijanjikan pun belum tersedia, seperti kemampuan tethering dengan BlackBerry dan akselerometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com