Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
SMK

Siswa SMK Rakit 4.484 Komputer Jinjing

Kompas.com - 18/01/2011, 11:35 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Sebanyak 4.484 komputer jinjing mini dirakit oleh 700 siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) negeri dan swasta di Surabaya, Jawa Timur. Komputer jinjing mini ini selanjutnya didistribusikan ke SMK negeri dan swasta di Jatim pada Januari 2011.

Beberapa kepala sekolah menengah kejuruan (SMK), seperti dari Kabupaten Malang dan Bojonegoro, Senin (17/1/2011) kemarin, terlihat mengambil komputer jinjing mini yang diadakan Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan Nasional di SMK Negeri 2 Surabaya.

Perakitan dilakukan oleh 400 siswa SMKN 2 Surabaya dan siswa SMK negeri dan swasta lainnya bersama-sama pada Pameran SMK di Jatim Expo Surabaya, akhir November 2010. Sebelum diserahkan, komputer jinjing mini dicek ulang oleh tim yang terdiri atas 12 siswa kelas X SMKN 2 Surabaya didampingi oleh Hary Subagio, kepala program teknologi informatika sekolah tersebut.

”Sesungguhnya sudah ada beberapa pengecekan awal, tetapi kontrol terakhir ini untuk meyakinkan karya siswa SMK memang bisa digunakan. Lagi pula, ini sekaligus untuk pembelajaran siswa,” tutur Hary.

Kepala SMKN 2 Surabaya Bahrun menambahkan, dari 4.484 komputer jinjing mini itu, 340 unit diberikan kepada 78 SMK negeri dan swasta di Surabaya serta sisanya didistribusikan kepada 898 SMK negeri dan swasta di luar Surabaya.

Distribusi komputer jinjing mini untuk sekolah-sekolah di luar Surabaya hampir rampung pekan ini. Setiap SMK mendapatkan empat komputer jinjing mini dengan prosesor Intel 1,66 GHz, perangkat keras (hard disk) 250 GB, memory 1 GB-DDR 3, perangkat baca kartu 8 in 1 card reader (MMC/RSMMC/SD).

Sebagai pemrakarsa perakitan komputer jinjing mini terbanyak oleh 700 siswa SMK negeri dan swasta di Surabaya akhir November lalu, SMKN 2 Surabaya mencatatkan diri dalam rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (Muri).

Kepala SMK PGRI Pakis Haji Kabupaten Malang Guswan Effendy mengatakan, sekolahnya akan memanfaatkan empat komputer jinjing mini ini untuk pembelajaran. Apalagi, sekolahnya memiliki LCD. Kepala SMK Islam Donomulyo Kabupaten Malang Imam Safi’i, mengatakan, pihaknya akan mengoptimalkan penggunaan komputer di sekolah dalam pembelajaran siswa. (INA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com