Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
"Cloud Computing"

Pasar Privat Lebih Dominan di Komputasi Awan

Kompas.com - 27/01/2011, 14:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sejak peluncuran Instant-On Enterprise, November lalu, Hewlett-Packard (HP) terus mengembangkan solusi komputasi awan (cloud computing). Produk HP untuk komputasi awan menyasar pasar publik dan privat. Komputasi awan publik cocok untuk usaha kecil dan menengah yang tidak memerlukan biaya tinggi untuk bidang teknologi informasi. Sementara komputasi awan privat tepat bagi perusahaan konglomerasi yang memiliki beragam jenis usaha, dari pertambangan, perbankan, retail, properti, hingga jasa angkutan.

"Pasar publik masih lebih kecil ketimbang pasar privat. Namun, dua tahun ke depan pasar publik bakal lebih bagus karena akan semakin banyak perusahaan kecil dan menengah yang memerlukan infrastruktur komputasi awan," kata Jurius, FSI-MDI Director Enterprise Business HP Indonesia di Jakarta, Rabu (26/1/2011).

Komputasi awan publik cocok bagi perusahaan kecil dan menengah karena mereka belum memerlukan banyak teknologi informasi untuk bisnisnya . Jadi, mereka dapat memakai komputasi awan tersebut sesuai dengan kebutuhannya. Lagi pula, dengan sistem ini perusahaan yang bersangkutan tidak perlu mengeluarkan anggaran besar.

"Kami memberikan fleksibilitas dan keamanan yang terjamin, terutama menyangkut data. Keamanan menjadi prioritas servis kami," kata Hemant Tiwari, Director Enterprise Storage, Servers, and Networking South East Asia HP Enterprise Business HP (Thailand) Ltd.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com