Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Cloud Computing

Komputasi Awan Jamin Keamanan

Kompas.com - 27/01/2011, 14:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hewlett-Packard mengumumkan serangkaian produk dan layanan baru yang memungkinkan para pelaku bisnis dan pemerintah untuk memanfaatkan kelebihan sistem komputasi awan (cloud computing) yang akan menjamin tingkat keamanan, kinerja, serta ketersediaan yang dibutuhkan.

Komputasi awan adalah suatu landasan penting untuk Instant-On Enterprises, yakni tempat semua orang serta seluruh komponen dapat terhubung satu sama lain. Instant-On Enterprises mengharuskan adanya lingkungan TI yang fleksibel, otomatis dan aman, serta dapat beradaptasi secara cepat untuk memenuhi permintaan pasar yang kerap berubah.

Komputasi awan memiliki beberapa kelebihan seperti pemasangan layanan baru yang lebih cepat, penghematantenaga kerjaTI serta pembayaran sesuai dengan pengoperasian (pay-as- you-go). Secara tradisional sistem ini memiliki kelemahan yang sebenarnya menjadi elemen penting bagi perusahaan seperti keamanan, ketersediaan serta kemudahanber integrasi.

Solusi baru HP Hybrid Delivery menawarkan segala keuntungan dari komputasi awan untuk perusahaan, sekaligus memenuhi kebutuhan spesifik para pelaku bisnis dan pemerintahan.

Hemant Tiwari Director Enterprise Storage, Servers & Networking (ESSN), South East Asia HP Enterprise Business, HP (Thailand) Ltd mengatakan, "HP Enterprise Cloud Services-Compute menyediakan layanan komputasi awan privat dari pusat data HP yang modern. Dengan pelayanan, kinerja, keamanan dan kerahasiaan yang sesuai dengan pelayanan kebijakan, solusi ini menawarkan sistem komputasi aman yang dapat digunakan secara luas dengan kapasitas TI berskala. Diciptakan dengan keahlian HP dalam solusi Converged Infrastructure serta dukungan dari luasnya portofolio software HP untuk otomatisasi dan pengelolaan, HP Hybrid Delivery menyediakan semua sumber daya yang dibutuhkan untuk mengakses hybrid private cloud."

HP CloudSystem merupakan sistem terpadu yang paling lengkap untuk membangun, mengelola dan memberikan pelayanan terbaik di seluruh lingkungan private cloud, public dan hybrid. Solusi ini menggabungkan kekuatan HP Converged Infrastructure dengan kemampuan software HP HP Cloud Service Automation dalam memberikan keamanan, pengelolaan dan keseragaman di seluruh aplikasi serta infrastruktur nyata dan visual.

HP CloudSystem juga mendukung HP Cloud Maps, sebuah sistem yang menyediakan objek catalog prakonfigurasi pertama di industri yang akan secara otomatis melengkapi aplikasi serta sumber daya infrastruktur yang optimal. HP CloudSystem juga memungkinkan layanan cloud baru untuk dapat mulai beroperasi dalam hitungan menit saja.

HP Cloud Discovery Workshop membantu para pelaku bisnis dan pemerintah untuk mengembangkan strategi-strategi cerdas dan bergerak di jalur tepat untuk meningkatkan teknologi cloud. Lokakarya yang berlangsung selama satu atau dua hari ini membahas berbagai topik yang dibagi ke dalam beberapa modul, termasuk implikasi model bisnis, keamanan dan bagaimana mengidentifikasi layanan yang tepat untuk sistem cloud. Sesi lokakarya ini dipimpin oleh para ahli dari HP yang memiliki pengalaman dan keahlian dalam mengelola sistem cloud di seluruh dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com