Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Korporasi

Laba EXCL Naik 69 Persen

Kompas.com - 31/01/2011, 13:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Operator telekomunikasi XL Axiata Tbk (EXCL) melaporkan kinerja tahun 2010 dengan laba bersih Rp 2,9 triliun atau naik 69 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pendapatan usaha meningkat sebesar 27 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya menjadi Rp 17,6 triliun.

EBITDA XL pun mencapai Rp 9,3 triliun, dengan EBITDA margin yang meningkat menjadi 53 persen pada akhir 2010. Sementara itu, jumlah pelanggan bertambah 28 persen dari 31,4 juta pelanggan (2009) menjadi 40,4 juta pelanggan pada akhir tahun 2010.  

"Tahun 2010 merupakan tahun yang baik bagi XL di mana kami berhasil semakin memantapkan posisi kami sebagai operator nomor dua di Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari upaya dan strategi yang telah diterapkan XL sejak tahun 2007," kata Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi, Senin (31/1/2011) di Jakarta.

Sepanjang tahun 2010, XL terus mengeluarkan produk dan layanan yang inovatif. Pencapaian ini diakui oleh berbagai institusi antara lain penghargaan dari majalah Finance Asia sebagai Top 5 Best Managed Companies di Indonesia. Selain itu, Frost and Sullivan juga memilih XL sebagai Mobile Service Provider of the Year and Service Provider of the Year. Penghargaan terbaru yang didapat XL ialah dari majalah Gadget yang mengakui XL sebagai operator GSM yang paling inovatif.

Pada bulan Desember, untuk meningkatkan layanan bicara, XL meluncurkan paket baru Rp 0, yaitu XL memberikan gratis bicara selama 30 detik pertama di waktu tertentu.

Sebagai wujud apresiasi kepada pelanggan, XL memberikan gratis roaming internasional untuk layanan data dan diskon tarif hingga 90 persen untuk layanan bicara dan diskon hingga 50 persen untuk layanan SMS di tujuh negara (Singapura, Malaysia, Sri Lanka, Kamboja, Banglades, Hongkong, dan Jepang).  

"Kami tidak tertarik untuk berkompetisi dalam masalah harga, tetapi kami lebih memerhatikan pengalaman pelanggan dalam menggunakan layanan kami dan bagaimana kami dapat meningkatkan kepuasan pelanggan secara berkesinambungan," kata Hasnul. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com