Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Isi Lengkap Memo CEO Nokia

Nokia, Platform yang Sedang Terbakar

Kompas.com - 10/02/2011, 13:29 WIB

ESPOO, KOMPAS.com - Di bawah kepemimpinan Stephen Elop yang belum genap setahun, Nokia kelihatannya bakal melakukan perubahan strategi secara radikal. Banyak spekulasi beredar bahwa Nokia bakal beralih menggunakan Windows Phone 7 dari Microsoft untuk mendongkrak kualitas smartphone buatannya. Bahkan, tak menutup kemungkinan Android digunakan Nokia.

Apakah Nokia akan mengubah strategi atau tetap bertahan dengan Symbian yang diandalkannya selama ini kemungkinan bakal ditegaskan Stephen Elop di London, Inggris, Jumat (11/3/2011) ini. Jelang momen menentukan tersebut, kini beredar memo dari Stephen Elop kepada para karyawan Nokia di sejumlah situs web. Meski tak ada konfirmasi resmi dari Nokia, sejumlah sumber meyakini memo tersebut benar ada.

Dalam memo yang dikeluarkan untuk para karyawannya, Elop menekankan pentingnya bagi Nokia untuk segera mengubah haluan untuk bisa tetap bersaing dengan para pesaing yang makin kuat. Nokia disebutnya platfrom yang sedang terbakar. Berikut isi lengkap memo tersebut yang beredar di internet.

 

Halo semua,

Ada sebuah cerita mengenai seorang laki-laki yang bekerja di rig pengeboran minyak di North Sea. Suatu malam, ia terbangun karena mendengar ledakan keras yang tiba-tiba membakar tempatnya bekerja. Selanjutnya, ia pun dikepung api yang menyala-nyala. Meskipun di mana-mana asap dan panas, ia tetap berusaha menghindar ke pinggiran rig. Ketika ia melihat ke bawah, yang dihadapinya cuma perairan Atlantik yang gelap dan dingin.

Saat api mulai menghampirinya, ia cuma punya waktu memutuskan dalam hitungan detik. Apakah ia harus tetap berdiri di tempatnya dan bakal terbakar habis. Atau, ia harus menceburkan diri ke lautan yang dingin 30 meter di bawahnya. Pria tersebut sedang berdiri di platform yang terbakar dan harus mengambil keputusan.

Ia memutuskan untuk melompat. Hal tersebut memang di luar dugaan. Dalam kondisi normal, pria tersebut tidak akan pernah mau menceburkan diri ke perairan yang sangat dingin. Namun, saat ini bukan kondisi yang normal-platformnya sedang terbakar. Laki-laki tersebut selamat di perairan yang dingin. Setelah diselamatkan, ia menyatakan bahwa platform yang terbakar telah membuatnya mengubah perilakunya.

Kita semua juga begitu, sedang berdiri di platform yang sedang terbakar dan kita harus memilih akan ke mana untuk mengubah kebiasaan.

Selama beberapa bulan, saya telah berbagi dengan Anda semua apa-apa yang telah saya dengar dari para stakeholder, operator, developer, suplier, dan dari Anda semua. Hari ini, saya akan berbagi tentang apa-apa yang telah saya pelajari dan apa yang saya yakini.

Saya telah belajar bahwa saat ini kita tengah berdiri di platform yang sedang terbakar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com