Social Media

Koprol for Business Tawarkan Solusi Pemasaran

Kompas.com - 17/02/2011, 20:37 WIB
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.comYahoo! Koprol, layanan media sosial lokal yang tahun lalu diakuisisi oleh Yahoo!, meluncurkan fitur terbarunya, Koprol for Business, Kamis (17/2/2011). Fitur tersebut secara khusus didesain untuk memenuhi kebutuhan pengusaha akan ruang untuk memasarkan produk.

Seperti diketahui, media sosial telah berkembang dari sekadar media berkomunikasi menjadi media pemasaran. Pemasaran lewat media sosial, seperti Facebook dan Twitter, terbukti lebih murah, efisien, serta interaktif ketimbang melalui iklan.

Dalam peluncuran itu, Satya Witoelar, co-founder Yahoo! Koprol mengatakan, "Sebenarnya Koprol sudah lama dimanfaatkan untuk bisnis jauh sebelum fitur ini diluncurkan. Namun, sekarang sepertinya saat yang tepat untuk meluncurkannya."

Satya mengungkapkan, fitur terbaru Yahoo! Koprol ini memiliki beberapa kelebihan yang membantu dalam pemasaran produk atau perusahaan.

"Kita bisa membuat profil, mengklaim tempat tertentu, dan terhubung dengan konsumen secara langsung. Untuk profil, kita bisa buat yang lebih dari sekadar brosur. Di profil, kita bisa benar-benar ngobrol dengan konsumen. Mereka bisa kasih tanggapan," kata Satya.

Jadi, proses pengenalan produk lebih interaktif dan tak satu arah. Pemilik akun juga bisa costumize foto atau wallpaper yang mendukung. Jika perusahaan memiliki beberapa tempat, mereka juga bisa costumize foto yang berbeda untuk lokasi berbeda. Ini bisa membantu memperkenalkan perbedaan-perbedaan yang mungkin ada di lokasi berbeda.

"Kita bisa memantau pengunjung, misalnya siapa mereka, umurnya berapa, dan obrolannya apa," ujar Satya. Statistik dilihat dari banyaknya pengunjung yang membuka profil serta lokasi bisnis berada.

Selain dirancang untuk menyampaikan promosi, fitur ini juga memberi kesempatan untuk menemukan komunitas mobile anak muda. Dengan interaksi, akan terjalin kepercayaan terhadap perusahaan bisnis dan loyalitas terhadap produk.

Secara umum, Satya mengungkapkan tiga alasan memakai Koprol for Business. Dengan fitur ini, produk tertentu bisa disampaikan dengan mudah dan dua arah, pengusaha langsung masuk pada lahan tempat konsumen berkumpul, dan ini merupakan fitur kelas dunia yang didukung oleh lokal. Untuk penggunaan semua fasilitas pada fitur tersebut, biayanya gratis. Sementara pengguna yang membutuhkan layanan ekstra bisa memanfaatkan "Permium Class" yang berbayar.

Pastinya, ada beberapa kelebihan pada layanan berbayar. "Untuk layanan berbayar, kami bisa membantu bagaimana cara engage costumer dan mendapat kesempatan pertama untuk mencoba fitur baru," papar Satya.

Jika ingin menggunakan layanan berbayar, calon pengguna bisa menghubungi lewat biz@koprol.com. Satya mengungkapkan, fitur ini akan sangat potensial untuk dimanfaatkan oleh usaha kecil dan menengah (UKM) yang jumlahnya menjamur di Indonesia.

"Pada masa depan, Koprol for Business dapat mengubah secara signifikan strategi pemasaran UKM," ujarnya. Yahoo! Koprol bisa diakses lewat berbagai macam gadget, mulai PC hingga telepon seluler paling jadul. Satya mengatakan, Koprol akan meluncurkan layanan baru lewat SMS sehingga memudahkan pengguna memanfaatkan layanan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X