Lahan Kelapa Sawit di Seram Diperluas

Kompas.com - 03/03/2011, 17:41 WIB
EditorTri Wahono

AMBON, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah berencana memperluas perkebunan kelapa sawit di wilayahnya, di Pulau Seram, Maluku. Dari luas perkebunan yang ada sekarang sekitar 10.000 hektar, rencananya akan diperluas menjadi 20.000 hektar.

Penanaman kelapa sawit ini berada di bagian utara Maluku Tengah. Kelapa sawit yang masih berumur antara dua tahun sampai tiga tahun bisa terlihat di sepanjang jalan yang menghubungkan Masohi, ibu kota Maluku Tengah, dan Bula, ibu kota Kabupaten Seram Bagian Timur , di wilayah Kobisonta, Maluku Tengah.

Bupati Maluku Tengah Abdullah Tuasikal, Kamis (3/3/2011), mengatakan ada lebih dari dua investor yang mengembangkan kelapa sawit di Maluku Tengah. Penanaman kelapa sawit baru dilakukan sekitar tiga tahun lalu sehingga sekarang belum menghasilkan. Rencananya jika sudah menuai hasil, investor akan membangun pabrik pengolahan sawit di dekat areal perkebunan.

"Kelapa sawit menjadi salah satu prioritas investasi di Maluku Tengah," katanya. Selain karena lahannya cocok untuk kelapa sawit, perkebunan bisa menyerap banyak pekerja dan hasilnya termasuk komoditas ekspor.

Abdullah mengatakan lahan yang digunakan atau disiapkan untuk kelapa sawit ini adalah lahan tidur yang peruntukannya memang untuk areal perkebunan. "Tidak semua lahan kami izinkan untuk ditanami kelapa sawit, apalagi areal hutan, sehingga perkebunan tidak akan merusak lingkungan ataupun merusak kawasan hutan di Seram," jelasnya.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X