Komputasi Awan Menghemat Biaya Operasional

Kompas.com - 08/03/2011, 20:15 WIB
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan komputasi awan (cloud computing) dalam satu perusahaan mampu menguntungkan perusahaan. Keuntungan itu berupa biaya operasional dapat berkurang hingga 50 persen dan konsumsi listrik lebih rendah dari biasanya serta tidak ada gangguan sistem dalam hitungan tahun.

Namun, hingga kini masih banyak perusahaan yang belum memakai komputasi awan. Alasannya, tidak yakin soal keamanan data yang mereka miliki dan tidak tahu apa pun perihal produk tersebut. Padahal, banyak perusahaan teknologi informasi menyediakan komputasi awan baik untuk privat maupun publik.

"Keamanan adalah kepedulian terbesar kami. Ada satu perusahaan yang memiliki sistem penyimpan data sendiri dan tempat untuk menyimpannya perlu hingga 12 blok mesin. Namun, dengan adanya komputasi awan, tempat penyimpanan menjadi lebih ringkas yakni h anya satu blok dengan kecepatan yang lebih tinggi. Alhasil, hal itu menghemat ruangan, listrik, dan akhirnya menghemat biaya operasional," kata Willie Hardie, Vice President, Database Product Marketing, Oracle Corporation di Jakarta, Selasa (8/3/2011).

Dia mencontohkan, Bank Commonwealth adalah pelanggan setia Oracle. Mereka menghemat 50 persen biaya operasional. Sementara Credit Suisse menghemat 35 persen biaya operasional, 30 persen biaya proyek, penghematan listrik 44 persen sekaligus melipatgandakan kapasitas, dan tidak pernah ada kegagalan selama tiga tahun.

"Oracle menyediakan Oracle Exadata Database Machine dan Oracle Exalogic Elastic Cloud. Kami memakai istilah mesin karena multifungsi, dapat mengerjakan banyak hal," kata Hardie.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.