Persona Larry Page

Gairah Baru di Google

Kompas.com - 05/04/2011, 00:26 WIB
EditorTri Wahono

KOMPAS.com — Meski 13 tahun membesarkan Google, kembalinya Larry Page menjadi chief executive officer (CEO) konon akan memberikan gairah baru di Google. Dengan menjadikan sang pendiri menjadi puncak pimpinan pengambil keputusan strategis, bisnis Google bakal melaju makin kencang.

"Tujuan saya adalah mengelola Google dengan lincah serta dengan jiwa dan gairah sebuah start-up," kata Larry Page tak lama setelah pengumuman pergantian jabatan CEO Google pada 20 Januari 2011 lalu. Jabatan yang diemban Eric Schmidt selama 10 tahun resmi diserahkan kembali kepada Larry Page pada Senin (4/4/2011).

Dengan jabatannya sekarang, Larry Page akan langsung memimpin pengembangan produk, strategi teknologi, dan menjalankan operasional harian. Sebelumnya, ia menjabat Presiden Produk di Google yang lebih banyak di belakang layar.

Larry Page mendirikan Google bersama koleganya Sergey Brin pada tahun 1998 sebelum sempat lulus program doktor di Universitas Stanford pada usia 25 tahun. Sebelumnya, Larry Page adalah lulusan Universitas Michigan dan mendapat gelar master dari Universitas Stanford.

Di awal pengembangan Google, ia menjabat CEO, tetapi melepaskannya pada tahun 2001 kepada Eric Schmidt. Namun, sejak saat itu Eric Schmidt, yang mantan CEO Novell dan CTO Sun Microsystems, bertindak sebagai mentor sekaligus penasihat baginya dan Sergey Brin. Setelah 10 tahun, Eric merasa pendampingan cukup dan Larry Page siap memimpin kembali Google untuk melaju lebih kencang.

Selama 13 tahun mengembangkan Google, Larry Page telah mengumpulkan kekayaan yang cukup fantastis. Forbes menaksir kekayaannya saat ini sekitar 20 miliar dollar AS. Larry Page telah menikah dengan Lucy Soytherworth.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.