Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkom Perkenalkan Konsep Gedung Ramah Lingkungan

Kompas.com - 05/04/2011, 09:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) merambah bisnis penyediaan layanan gedung teknologi dan komunikasi informasi (ICT). Perusahaan ini mempromosikan konsep gedung ICT ramah lingkungan dan memberi nama Smart Building Solution.

Akhir Maret lalu Telkom menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan kawasan industri MM2100, KIIC, BIC, dan Lippo Cikarang dalam penyediaan gedung ICT ramah lingkungan tersebut. "Dalam hal ini, Telkom dan kawasan industri bekerjasama dalam penyediaan jasa layananan dan pengembangan bisnis ICT," ujar Arief Yahya, Direktur Enterprise dan Wholesale Telkom .

Dalam kerja sama ini, Telkom juga menggandeng konsultan mechanical engineering untuk membantu mendesain gedung ramah lingkungan. Menurut Arief, penyediaan layanan ini merupakan bagian bisnis Telkom yang meliputi telecommunication, information, multimedia, dan edutainment (TIME).

Arief mengklaim bahwa layanan ini akan menolong pengembang dan pemilik gedung menyediakan fasilitas kepada para penyewa, dengan pemakaian energi yang efisien, tidak memberikan dampak buruk bagi lingkungan, serta menyediakan kenyamanan dan kesehatan lingkungan. Telkom mendukung layanan Smart Building Solution tersebut dengan jaringan internet provider berbasis fiber optic. "Hal ini dapat memberikan solusi paling efektif dan efisien untuk mewujudkan gedung ramah lingkungan," ungkap Arief bernada promosi. (Gloria Haraito/KONTAN)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com